Sabar dan Syukur

Pagi ini saya membuka blog dan Alhamdulillah, saya lihat pagerank saya sudah naik menjadi pagerank 5. Alhamdulillah, rasa syukur yang sedalam-dalamnya pertama kali saya ucapkan kepada Allah Swt atas karunia-Nya ini, kemudian saya ucapkan terima kasih kepada Google, Alexa dan semua teman-teman blog Jalan Dakwah Bersama. Semua ini terjadi atas ijin Allah Swt dan dukungan dari Google, Alexa dan teman-teman blog Jalan Dakwah Bersama.

Dalam setiap segi kehidupan yang kita jalani, baik itu kejadian yang menyenangkan ataupun yang kurang menyenangkan, haruslah selalu kita sukuri dan kita terima dengan ikhlas. Disaat kita dihadapkan pada kenyataan yang kurang menyenangkan dalam hidup, misalnya saat kita gagal meraih yang kita inginkan, atau saat kita ditimpa suatu kesulitan, maka janganlah mengeluh. Bersyukurlah dalam segala keadaan, karena saat kita gagal meraih sesuatu yang kita inginkan, bisa jadi apa yang kita inginkan itu bukanlah yang terbaik dan yang paling cocok untuk kita, kita tidak pernah mengetahuinya secara pasti, hanya Allah yang Maha Tahu Segalanya, perhatikan firman-Nya berikut ini : Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui” (QS Al Baqarah {2] : 216). Dan perhatikan juga firman Allah SWT yang lain: ”……karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.”(QS. An Nissa [4] : 19).

Kita harus selalu berhusnuzhan (berprasangka baik) terhadap segala sesuatu yang telah Allah tetapkan kepada para hamba-Nya, agar kita termasuk orang-orang yang beruntung. Dan ketahuilah kalau kita bisa menjadi hamba Allah yang bersyukur dalam segala keadaan, maka Allah akan menambah nikmat-Nya pada kita, perhatikan firman-Nya berikut ini : dan (ingatlah juga), tatkala tuhanmu memaklumkan; “sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS. Ibrahim [14] : 7).
Memang kadang sulit bisa sabar dan syukur dalam keadaan yang kurang menyenangkan yang menimpa kita, seperti sakit misalnya, tapi kalau kita mau memikirkannya lebih dalam lagi, bisa saja dengan sakit itu, Allah sedang menggugurkan dosa-dosa kita bagaikan gugurnya daun pohon, perhatikan sabda Rasulullah Saw berikut ini: “Tak seorang muslim pun yang ditimpa gangguan semisal tusukan duri atau yang lebih berat daripadanya, melainkan dengan ujian itu Allah menghapuskan perbuatan buruknya serta menggugurkan dosa-dosanya sebagaimana pohon kayu yang menggugurkan daun-daunnya.” (HR Bukhari dan Muslim). Atau sebagai ujian untuk menaikkan kita pada derajat keimanan yang lebih tinggi.

Perhatikan juga sabda Rasulullah Saw berikut ini: “Sungguh, amat mengagumkan keadaan orang mukmin itu, karena semua urusannya itu baik baginya. Bila ia mendapat nikmat (kebahagiaan), dia bersyukur, maka itu menjadi kebaikan baginya. Dan bila ditimpah musibah, dia bersabar, maka itu menjadi kebaikan baginya.” (HR. Muslim).
Percayalah, kalau kita mulai membiasakan diri untuk tidak mengeluh dan mulai membiasakan diri mensyukuri segala kejadian yang menimpa kita, baik itu yang menyenangkan atau tidak menyenangkan, maka akan membawa kita pada kesabaran dan keikhlasan dan sesungguhnya pahala orang-orang yang sabar itu, dicukupkan oleh Allah Swt tanpa batas, sebagaimana tertulis dalam firman-Nya Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu.” Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. (QS Az Zumar {39} : 10).

Dan apabila kita bisa menjadi hamba yang selalu bersyukur dalam segala keadaan, maka InsyaAllah, kejadian seberat apapun yang kita alami, akan lebih ringan untuk kita jalani. Dan bukankah didalam sabar serta syukur, terdapat ridha Allah, maka apa apa alasan kita untuk tidak bisa sabar dan syukur dalam segala keadaan? Karena ridha Allah, terdapat dalam ridhanya kita, dalam menerima segala ketentuan-Nya, yang kita rasakan kurang menyenangkan bagi kita.

Teman-teman semua, selama saya absen ngeblog bulan Desember kemarin, ada banyak sekali komentar yang masuk yang mungkin tidak bisa saya jawab satu persatu. Tapi InsyaAllah, mulai selasa 05 Januari nanti, akan saya usahakan untuk menjawabnya semampu saya. Saya benar-benar mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada semua teman-teman atas hal ini, dan saya mengucapkan terima kasih atas semua perhatian dan pengertiannya.

Dewi Yana

http://jalandakwahbersama.wordpress.com

About these ads

50 responses to this post.

  1. Selamat ya Mbak, atas kenaikan pagerank nya. Memang benar Mbak, kita harus selalu jadi hamba Allah yg bersyukur, karena syukur berarti mempertahankan nikmat

    Balas

  2. dengan kesabaran ngeblog akhirnya jadi 5 mbak , blogku semakin sepi pemiliknya sebab lagi fokus fb seeh

    Balas

  3. Assalamu’alaikum,

    Selamat Bu , PR -nya sudah 5. Selamat datang lagi di dunia maya ini.

    Selamat Tahun Baru 1431.

    Mudah-mudahan di tahun baru ini keimanan kita semakin kuat, semakin optimistis, tambah semangat, tambah sukses, serta amal shaleh semakin meningkat. Dan semoga tetap dalam rahmat dan berkah-Nya . Amin.

    Wassalam

    Balas

  4. Selamat atas PR 5 nya Mbak, betapa blog ini sangat dicintai oleh pembacanya.
    mencerahkan sekali mbak dewi artikelnya, betapa sebenarnya syukur dan sabar ini harusnya melekat seiring dalam perjalanan hidup ini. Namun jujur saja untuk hal-hal tertentu kadang mengalami kesulitan. Semoga saya segera untuk berbenah.
    Terima kasih sekali lagi atas artikelnya yang mengingatkan ini.
    Salam :)

    Balas

  5. assalamu’alaikum
    selamat datang kembali didunia persahabatan maya ini mbak.
    semoga selalu dalam lindungan allah swt.

    salam sukses selalu

    Balas

  6. page rank 5 adalah buah kesabaran menunggu mappingnya google, apa seh rahasianya mbak

    Balas

  7. Posted by Dangstars on 2 Januari 2010 at 21:47

    Assalamualaikum
    Alhamdulillah Kalo sudah aktif kembali.. :P :P

    Balas

  8. Posted by Dangstars on 2 Januari 2010 at 21:48

    Semakin Mantap,, :) :)
    Selamat Page Rank naik 5
    Sukses

    Balas

  9. Posted by Dangstars on 2 Januari 2010 at 21:50

    :P :P :P :P :D :D :D :D
    Kemana saja Boz

    Baru pulang naik haji yah ?
    Semoga sukses selalu

    Balas

  10. Selamat yaa, mbak Dewi.. Semoga akan semakin lebih sukses lagi…
    Blognya memang Mantab..jadi sudah sepantasnya jika mendapat peningkatan pagerank…

    Salam hangat dan damai selalu…

    Balas

  11. salam bahagia, ya….apa yang Dewi sebutkan itu benar, pantas untuk di syukuri besar lo…pagerank 5 dan tidak semua orang dapat demikian. Oh….lagi kesibukan apa ya…lama tidak nongol…bagi… dong….limpahanya…

    Balas

  12. Selamat ya mbak atas PR nya… kalo saya belum nyampai PR-PR an nih…
    Alhamdulillah kita bisa bersilaturahiim lagi … dan saya juga bersyukur sekali setelah berbulan-bulan off insyaallah sekarang bisa kembali on the blog lagi dan bisa berkunjung ke sini…
    Terimakasih.

    Balas

  13. Assalamualaikum,
    Selamat Mbak Dewi, PR nambah menjadi lima, artinya makin banyak kerjaan dunk ? :lol:,
    segala daya dan upaya yang kita lakukan memang harus disyukuri, sekecil apapun nikmat itu.
    Saya mohon maaf, jarang main ke blog yang baru. Tidak tahu kenapa, saya merasa lebih familiar saja disini.
    Salam untuk Mas dan Si Kecil

    Balas

  14. Assalammualaikum Wr Wb apa kabar Mba Wie..?? :D

    Alhamdulillah sudah diizinkan menyandang Ranking 5 ya Mba wie..semua atas izin Dzat Sang Pencipta Gusti Allah SWT..

    JIkalau kita memiliki kesusahan, memang benar berprasangka baiklah Kepada Nya, karena dibalik semua itu ada sebuah rencana untuk umat yang mau bersabar serta mau bersyukur akan semua Nikmat yang telah diberikanNya semoga kita termasuk salah satu diantara umatNya ya Mba..Amien..

    Balas

  15. subhanallah, semoga dengan kesabaran dan senantiasa bersyukur kepada Allah, kita bisa menapaki lembaran tahun 2010 dengan penuh optimisme, mbak. selamat tahun baru 2010, semoga Allah senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk-Nya buat kita semua, amiiin.

    Balas

  16. syukur alhamdulillah, atas kesabarannya PR pun naik

    Balas

  17. Assalamu’alaikum ustadzah, pagi yang sejuk, blog yang sejuk. Selamat bergabung kembali di dunia dakwah Islam melalui dunia maya. Ditunggu postingan sejuk lainnya.

    Balas

  18. karena kita hanya bisa melakukan dua hal
    1. bersyukur
    2. bersabar

    maka jadilah sebaik-baik manusia

    Balas

  19. Asalamu’alaikum Mba Dewi…
    Lama gak silaturahmi kesini, Blog nya dah luar biasa…
    Isinya mencerahkan semua…
    Sabar dan Syukur, pahalanya tiada batas…
    semoga kita termasuk org yang senantiasa bersabar dan bersyukur…

    Balas

  20. Selamat Mbak dapat PR 5.
    Dalam menyikapi PR emang perlu bersabar dan menyukuri apapun yang diterima.

    Balas

  21. PR naik terus adalah sesuatu yg sangat pantas diberikan blog ini, semua postingannya selalu menyejukkan hati.

    Balas

  22. Assalamu’alaikum mba…. suka bnget dengan yg ini :
    “sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS. Ibrahim [14] : 7). :)

    Balas

  23. selamat untuk pagerank yg terus meningkat mba…
    emang cocok n layak bngt deh… ^_^

    Balas

  24. didalam sabar serta syukur, terdapat ridha Allah, SUBAHANALLAH.

    Balas

  25. mahap mba, jadi hetrixx coment deh hehehe……………..

    Balas

  26. Selamat tahun baru juga ya mba… semoga kebaikan ketenangan dan kedamaian selalu bersama kita, semoga kualitas iman kita makin baik dibanding tahun sebelumnya. :)

    Balas

  27. Syukur deh, sabar deh, heheheh…

    Balas

  28. mba DY selamat ya untuk pagerank-nya. tentang syukur, setiap detik kita memang harus bersyukur atas segala yang ALLAH SWT anugerahkan untuk kita… oya, mudah2an urusannya lancar ya mba.
    salam,
    yani

    Balas

  29. […] tidak lupa juga buwat @Mba Dewi Yana, yang tidak pernah lelah dan lebih berdakwah dijalan Allah, […]

    Balas

  30. pasang balik link blog digituck yaaa … !!! ;) trims Dewi Yana ..

    Balas

  31. wah keren…mau dund mba tips-tipsnya hehehe

    Balas

  32. Assaalamualaikum. …selamat pagi……selamat

    Balas

  33. Alhamdulillah blog mbak sudah makin Dewasa.
    Saya baru buat blog gratisan,Alhamdulillah belum cukup 1 bulan dapat PR 3.. wah ini semakin membuat aku bersemangat. Insya Allah Blog baruku ini akan aku isi dengan tema-tema seperti jalan dakwah ini,biar tersalurkan dakwahnya mbak,biar yang di ABC nggak terganggu hehe.
    Blog ini masih urusan Dunia akhiratjuga koq :D
    Tolong di Add ya Mbak..ntar pasti saya add juga

    Dari avatar Gw pasti tahu dech siapa :D

    Balas

  34. Waaa… PR 5… hebbaat mbak..
    gw pernah dapet 4 tapi malah ngedrop jadi 3.. hikksss..
    ya bagaimana pun bersyukur dalam segala keadaaan..
    ya memang itu obat dari segalanya saat hidup di dunia ini..
    salam persahabatan

    Balas

  35. selamat tahun baru mba…

    sabar dan syukur kayanya enak sekali mba bila bisa dipahami, dimengerti dan dijalanin tp kadang hati manusia lupa akan hal yg mba utarakan di atas..

    mkasih mba bnyk memberikan warna dalam hidup ini bagi saya

    Balas

  36. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Selamat sore bunda yana, wah PR nya sudah 5 nih berarti blog ini ramai dengan pengunjung ya, semoga demikian karena blog ini banyak pengetahuan keislamannya.
    Salam Takzim Batavusqu

    Balas

  37. Selamat Sore,
    Selamat Hari Senin menjelang Selasa,,

    Salam Hangat Selalu,
    AbulaMedia.com

    Balas

  38. Setuju……. inilah kuci hidup yang sebenernya…..
    Seandainya saja semua umat menyadari ini……….

    Balas

  39. Posted by misbah on 4 Januari 2010 at 22:54

    dalam hatiku tergerak tuk berkata….ku ingin bergabung!

    Balas

  40. dlm hatiku tergerak n ingin brucap….subhanaalloh

    Balas

  41. sabar dan syukur memang jadi kunci sukses hidup di dunia ini,
    apalagi jika mampu menerima tiap ketetapan Allah SWT yang walaupun terkadang kita berat menerimanya…
    tauziyah yang membangun :)

    Balas

  42. wah..selamat mbak dewi .. PR nya sudah 5..

    alhamdulillah, makasih ataas postingannya, pas banget buat sil sekrang.. :-)

    Balas

  43. Alhamdulillaaah mbak

    salam kenal yaaa

    Balas

  44. bersyukur itu yng lebih susah ada pada saat kita diberi ujian oleh Allah.
    Sesungguhnya Allah hanya memberi ujian untuk orang2 beriman,
    semoga kita bisa menjadi orang yang pandai untuk bersyukur

    Balas

  45. Ass.wr.wb..
    Duh selama ini saya gak pernah perhatiiin PR mbak.. yg penting ngeblog n koment.. ternyata Pr 5 ya.. syukurlah itu sebuah prestasi dan tentu juga kepercayaan dari oom google.. patut di syukuri,, punya saya kok naik tetep aja di angka 3.. hehe
    Saya jadi ingin ngelink juga akhirnya.. kalau berkenan saya langsung pasang linknya ya,, di sini

    Nama : Link Tea URL : http://linktea.blogspot.com
    Nama : Saung Bisnisku URL : http://saungbisnisku.blogspot.com
    Nama : Saung Link URL : http://saunglink.blogspot.com

    Mohon konfirmasinya ya .. Wassalam

    Balas

  46. Ass.wr.wb.
    Makasih teh Dewi atas linknya .. duh ini suatu anugrah.. dan sesuai amanah.. rumah barunya yang keren itu dah saya pasang juga .. kalau ada lagi yg perlu di taut 100 % saya siap ..

    Balas

  47. Ass.wr.wb.

    Wah saya seneng sekali bisa nebeng beken di blog ini .. hatur nuhun teh Dewi atas linknya.. blog barunya dah saya pasang juga.. semoga kesuksesan selalu menyertai kita .. amin

    Balas

  48. Ass.wr.wb
    Pr tinggi adalah dambaan setiap blogger .. dengannya setiap jalan mudah terbuka. selamat ya.. n makasih atas linknya.. semoga saja ketularan beken juga.. saya juga telah pasang link rumah barunya teh.. ditunggu link backnya ya

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 107 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: