Keutamaan Menghafal Al Quran

Al Qur’an adalah kemuliaan yang paling tinggi. Al Quran adalah kalam Allah Swt. Al-Qur’an adalah kitab yang diturunkan dengan penuh berkah, Al-Qur’an memberikan petunjuk manusia kepada jalan yang lurus. Tidak ada keburukan di dalamnya, oleh karena itu sebaik-baik manusia adalah mereka yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya. Rasulullah SAW bersabda, ”Sebaik-baik orang diantara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari).

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah (Al Qur’an) dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30)

Dan bacakanlah apa yang diwahyukan kepadamu, yaitu kitab Rabb-mu (Al Quran) (QS. Al Kahfi : 27)

Dan firman-Nya: Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al Quran)… (QS. Al Ankabut : 45)

Dan firman-Nya: Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Rabb negeri ini (Mekah) yang telah menjadikannya suci dan kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. * Dan supaya aku membacakan al-Qur’an (kepada manusia). “. (QS. an-Naml: 91-92)

Seseorang yang berpegang  teguh pada Al Qur’an, sebagai modal kekuatan pegangan dan landasan filsafat hidup maka orang itu akan mampu tegar, tidak gampang menyerah, sigap dalam menentukan sikap, dan tidak akan mudah diombang-ambingkan oleh ketidakpastian situasi, tidak mudah terpengaruh oleh prinsip hidup lain, hal itu karena prinsip dalam kepribadiannya sudah mantap dan semua itu akan tercermin dalam sikapnya dalam menyelesaikan persoalan hidup

Alangkah indahnya hidup kita, bila kita tidak hanya sekedar bisa membaca Al Quran, tetapi juga menghafalnya dan mengamalkannya. Banyak hadits Rasulullah Saw yang mendorong untuk menghafal Al Qur’an atau membacanya di luar kepala, sehingga hati seorang individu muslim tidak kosong dari sesuatu bagian dari kitab Allah Swt.  Seperti dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas “Orang yang tidak mempunyai hafalan Al Qur’an sedikit pun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh (HR. Tirmidzi)

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah Sawbersabda:  “Penghafal Al Quran akan datang pada hari kiamat, kemudian Al Quran akan berkata: Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia, kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan), Al Quran kembali meminta: Wahai Tuhanku tambahkanlah, maka orang itu diapakaikan jubah karamah. Kemudian Al Quran memohon lagi: Wahai Tuhanku ridhailah dia, maka Allah meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu, bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga), dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan”  (HR. Tirmidzi, hadits hasan {2916}, Inu Khuzaimah, Al Hakim, ia menilainya hadits shahih)

Berikut adalah Fadhail Hifzhul Qur’an (Keutamaan menghafal Qur’an) :

  1. Al Qur’an akan menjadi penolong (syafa’at) bagi penghafal .Dari Abi Umamah ra. ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah olehmu Al Qur’an, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafa’at pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya).”” (HR. Muslim)
  2. Nabi Saw memberikan amanat pada para hafizh dengan mengangkatnya sebagai pemimpin delegasi. Dari Abu Hurairah ia berkata, “Telah mengutus Rasulullah SAW sebuah delegasi yang banyak jumlahnya, kemudian Rasul mengetes hafalan mereka, kemudian satu per satu disuruh membaca apa yang sudah dihafal, maka sampailah pada Shahabi yang paling muda usianya, beliau bertanya, “Surat apa yang kau hafal? Ia menjawab,”Aku hafal surat ini.. surat ini.. dan surat Al Baqarah.” Benarkah kamu hafal surat Al Baqarah?” Tanya Nabi lagi. Shahabi menjawab, “Benar.” Nabi bersabda, “Berangkatlah kamu dan kamulah pemimpin delegasi.” (HR. At-Turmudzi dan An-Nasa’i).
  3. Nikmat mampu menghafal Al Qur’an sama dengan nikmat kenabian, bedanya ia tidak mendapatkan wahyu, “Barangsiapa yang membaca (hafal) Al Quran, maka sungguh dirinya telah menaiki derajat kenabian, hanya saja tidak diwahyukan padanya.” (HR. Hakim)
  4. Seorang hafizh Al Qur’an adalah orang yang mendapatkan Tasyrif nabawi (Penghargaan khusus dari Nabi Saw). Di antara penghargaan yang pernah diberikan Nabi SAW kepada para sahabat penghafal Al Qur’an adalah perhatian yang khusus kepada para syuhada Uhud yang hafizh Al
  5. Qur’an. Rasul mendahulukan pemakamannya. “Adalah Nabi mengumpulkan diantara orang syuhada uhud, kemudian beliau bersabda, :Manakah diantara keduanya yang lebih banyak hafal Al Quran, ketika ditunjuk kepada salah satunya, maka beliu mendahulukan pemakamannya di liang lahat.” (HR. Bukhari)
  6. Hafizh Qur’an adalah keluarga Allah yang berada di atas bumi. “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahli Al Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya.” (HR. Ahmad)
  7. Siapa yang membaca Al Qur’an, mempelajarinya, dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya seperti cahaya matahari dan kedua orang tuanya dipakaiakan dua jubah (kemuliaan) yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya bertanya, “Mengapa kami dipakaikan jubah ini?” Dijawab,”Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al Qur’an.” (HR. Al-Hakim)
  8. “Dan perumpamaan orang yang membaca Al Qur’an sedangkan ia hafal ayat-ayatnya bersama para malaikat yang mulia dan taat.” (Muttafaqun alaih)
  9. Dari Abdillah bin Amr bin ‘Ash dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Akan dikatakan kepada shahib Al Qur’an, “Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau dulu mentartilkan Al Qur’an di dunia, sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca.” (HR. Abu Daud dan Turmudzi)
  10. Kepada hafizh Al Qur’an, Rasul SAW menetapkan berhak menjadi imam shalat berjama’ah. Rasulullah SAW bersabda, “Yang menjadi imam suatu kaum adalah yang paling banyak hafalannya.” (HR. Muslim)
  11. “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an maka baginya satu hasanah, dan hasanah itu akan dilipatgandakan sepuluh kali. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, namun Alif itu satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.”  (HR. At Turmudzi).
  12. Bahkan Allah membolehkan seseorang memiliki rasa iri terhadap para ahlul Qur’an, “Tidak boleh seseorang berkeinginan kecuali dalam dua perkara, menginginkan seseorang yang diajarkan oleh Allah kepadanya Al Qur’an kemudian ia membacanya sepanjang malam dan siang, sehingga tetangganya mendengar bacaannya, kemudian ia berkata, ‘Andaikan aku diberi sebagaimana si fulan diberi, sehingga aku dapat berbuat sebagaimana si fulan berbuat’” (HR. Bukhari)

Begitu banyak keutamaan menghafal Al Quran, tapi karena kesibukan dunia dan segala pesonanya yang menggoda, membuat kita jadi malas melakukannya, karena itu mulai sekarang, sebaiknya kita mulai meluangkan waktu untuk mulai kembali menghafal Al Quran (termasuk diri saya).

Dewi Yana

http://jalandakwahbersama.wordpress.com

http://dakwahdewi.hefia.com

About these ads

72 responses to this post.

  1. Posted by Bang Iwan on 13 April 2010 at 09:23

    Assalamu alaikum Wr.Wb..
    Alhamdulillah saya kembali bisa membaca postingan yang sangat mencerahkan disini.
    Sangat banyak Fadhillah dalam membaca AlQur’an yang terkadang kita lupakan, sehingga kita lebih cenderung membaca koran gosip……

    makasih banyak Bu….

    Balas

  2. Dengan senantiasa membaca Al-Qur’an maka kita akan senantiasa merasa dekat dengan-Nya.

    Balas

  3. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Subhanallah… demikian besarnya fadilah membaca Al Qur’an. Jadi malu akhir2 ini tadarusnyaagak terkalahkan oleh blogging…

    Balas

  4. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an maka baginya satu hasanah, dan hasanah itu akan dilipatgandakan sepuluh kali. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, namun Alif itu satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. At Turmudzi).
    Betul2 ladang pahala…. baca bismillahirrohmanirrohim saja sudah lebih dari sepuluh huruf….

    Balas

    • Mas Alam, apa kabar, InsyaAllah siang nanti saya bw ke tempat mas Alam, untuk teman2 semua, mohon maaf, bila baru siang nanti saya membalas komentar teman2 Pagi ini saya masiha da urusan diluar rumah. Saya mohon maaf, atas lambatnya saya dalam menjawab komentar dan jarang bw. InsyaAllah siang nanti dan setiap harinya, akan saya luangkan waktu untuk ngeblog, terima kasih (Dewi Yana)

      Balas

  5. Posted by Dangstars on 13 April 2010 at 17:05

    Assalamualaikum
    Assalamualaikum
    Kemana saja
    Boz

    Balas

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
      Kang Dadang.. saya lagi sibuk nulis buku ke 5 saya, tentang sedekah yg InsyaAllah kata pengantarnya nanti dari Ust. Yusuf Mansur dan sedang ngurus buku ke 4 saya yg sedang dalam proses cetak, judulnya “Dasyatnya Zikir” dgn kata pengantar dari Ust. M. Arifin Ilham. InsyaAllah akhir mei ini terbit. Mohon doa ya Kang.. semoga semua lancar, bisa terbit sesuai jadwal dan berkah, amin.

      Balas

  6. Posted by Dangstars on 13 April 2010 at 17:06

    Terimakasih atas artikel yang luar biasa

    Balas

  7. assalamu’alaikum
    intropeksi diri.sebegitu megahnya dan besarnya karunia yang diberikan atas mengucap 1 huruf kitabnya….namun :( sayng sekali hal ini tidak banyak disadari umatnya.

    salam hangat

    Balas

  8. Salam Takzim
    Saya jadi teringat keponakan istri saya dia sudah bisa menghapal Alquran sejak usia 12 tahun, bahkan diusianya yang baru memasuki 25 sudah bisa menapsirkannya.
    Subhannallah
    Salam Takzim Batavusqu

    Balas

  9. Salam Takzim
    Ditunggu jam 09.30-15.35 di Kebun Binatang Ragunan Jakarta pada tanggal 18 April 2010 ya bund
    Salam Takzim Batavusqu

    Balas

  10. saya perna hafal satu juz dulu, tapi gara” selama ini jarang diulang akhirnya sekarang dah luntur semua… saya coba dari awal lagi, makasih sudah mengingatkan brader!!

    Balas

  11. Posted by budi santoso on 13 April 2010 at 20:51

    Tulisan yg bagus, sy harap blog ini sering di update.

    Balas

  12. Sungguh mulia, orang-orang yang hafal Al Qur’an. Yang menjadi pendorong untuk saya agar sering membaca, menghafal dan sedikit-sedikit memahami Al Qur’an

    Balas

  13. khoirukum man ta’alllamal qur’aana wa’allamahu

    Balas

  14. Untuk mengawali agar mampu menghapal Al-Quran di utamakan menghapal dari yang mudah seperti contoh JUS 30 yang pendek2 . Artikel yang bagus . Tulisan ini untuk memotivasi kita semua. Agar mau berusaha menghapal Al-Quran.Salam kenal dari kami blog kesehatan ISlami https://rumahsehatafiat.wordpress.com/

    Balas

  15. Berkunjung kembali setelah sekian lama OFF. Info yang selalu bermanfaat setiap kali berkunjung ke blog ini. Semangat terus bu…

    Balas

  16. Allahu Akbar…

    Balas

  17. Dulu sich saya sempat hafal 2 Juz, bahkan target saya hafal penuh. tapi lama-lama lupa semua mbak, sering teledor mengulangnya, apalagi sejak saya di bandung.

    Balas

  18. Assalamualaiku. wr wb
    sungguh luar biasa isi kandungan dalam alquran, semoga sukses tentang buku yang masih dalam proses…
    Wassalam

    Balas

  19. Assalamu alaikum Wr.Wb.

    Iya dik Dewi.. mari kita saling berkunjung kembali via blog. Bapa suka sekali membaca semua artikel blog adik. Smoga dakwah adik via blog mendapat pahala yang setimpal dari Allah SWT.

    Balas

  20. perlahan kita menghafal alquran dimulai dari surat-surat pendek.

    Balas

  21. Subhanallah. Posting yang sangat bermanfaat. Luar biasa.

    Balas

  22. Taushiyah yang mencerahkan.
    Ngafal quran sepertinya bakal lebih asik kalo barengan.
    Berlomba-lomba dalam kebaikan emang bikin semangat…

    Balas

  23. Posted by hellgalicious on 14 April 2010 at 16:47

    kalo gue cuman bisa menghatam doang
    kalo masalah hafal masih belum terlalu bisa
    hihi

    Balas

  24. Assalaamu ‘alaikum
    Kunjungan sore mba
    Salam hangat dari kota hujam

    Balas

  25. Menghafal Al Qur’an harus di pelajari sejak dini.Menurutku harus sejak kecil harus sudah segera menghafalnya meskipun hanya sedikit dan beberapa ayat saja.Lama-lama juga akan menjadi bukit.Selain menentramkanm jiwa, hafal Al Qur’an juga bisa dijadikan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari karena kita akan ingat lafadz dan isi yang terkandung di Al Qur’an tersebut

    Balas

  26. aww apa kabar mbak
    wow posting yang mantab, memang Al- Quran harus terus dibaca dan dipelajari sepanjang hayat
    makaci ya

    Balas

  27. salam kenal
    mantab infonya mbak
    makaci ya

    Balas

  28. sebuah postingan yg mencerahkan nan menggugah.. trims :)

    Balas

  29. Assalamu alaikum Wr Syukur…saya kembali dicerahkan disini.
    Sangat banyak Fadhillah dalam membaca AlQur’an yanng memberikan petunjuk dan pencerahan dalam kehidupan…

    Trims’ ya ?

    Balas

  30. mbak saya sudah pasang link situsnya di pasangbarisiklan.com.tolong di link balik ya dengan keyword pasang iklan baris.makasih

    Balas

  31. Keutamaan yang tiada duanya mbak Dewi,
    OOT, apa kabat si kecil dan Mas ?

    Balas

  32. Assalamualaikum Mbak Dewi Yana
    ck ck ck ck… LUAR BIASA !!! keutamaan menjadi penghapal qur’an ini. Sangat Terhormat.
    Kalau diumpamakan ibaratnya penghapal qur;an ini seperti seorang yang memiliki kartu kredit paling tinggi derajatnya sekelas Platinum….

    Sekali lagi luar biasa. terima kasih atas pencerahannya…
    Salut buat mbak Dewi Yana.

    Balas

  33. kunjungan pagi mbak..:D
    smua postingannya kereeenn abis…:)

    Balas

  34. sudah lama tidak berkunjung ke lapaknya Ustazah Dewi, Semoga baik selalu ya Umi, Dengan menghafal Qur’an senantiasa hati dan jiwa tenang selalu, membawa kedamaian dalam hidup lebih lebih bila selalu diamalkan dalam hidup kita

    Balas

  35. lama tak bersilaturrahmi kesini…apakabar mbak Dewi?
    saya jadi teringat dulu di kampung saya, ada banyak banget jebolan santri² yg menghafal Al-Quran…tiap jumat kliwon mulai Ba’da shubuh sampe waktu tiba sholat jumat mereka selalu mengalunkan ayat² alquran yg di hafalnya..subhanallah….

    salam, ^_^
    [assalamu'alaikum]

    Balas

  36. Posted by darahbiroe on 15 April 2010 at 12:30

    saya juga merasa bangga
    karena tetanggaku banyak banget sekarang yang sudah hafal alquran
    dan makin banyak juga yang kepesantern n mendalami tetng alquran ini

    Balas

  37. wahhh,,, sedang bersemangat menghafal juga si saya,,
    alhamdulillah di ingatkan lagi ^_^

    Balas

  38. subhanallah…pengin rasanya termasuk orang yang hafal alquran. Semoga dengan doa dan ikhtiar terkabul ya

    Balas

  39. alhamdulillah dapat pencerahan dari blog yang bermanfaat ini. Hehehehehe

    Balas

  40. subhanallah, terima kasih banget pencerahannya, mbak yana. dengan banyaknya saudara2 kita yang hal qur’an semoga tak akan terjadi lagi kasus orang yang menambah atau mengurangi keutuhan al-Qur’an.

    Balas

  41. ngangguk ngangguk aja
    hihihihihi
    bapak ku apal qura’n, kok aku gak ya…
    (dalam hati sedih)
    hihihihihihi

    Balas

  42. [...] Bunda Dewi Yana Jakarta [...]

    Balas

  43. Assalamualaikum…
    senang sekali menemukan blog seperti ini…..
    terimakasih telah berbagi…..

    Balas

  44. malu aku datang ke sini ukhti, krn aku merasa smkin jauh dr menghafal, tadaruspun hny sekali dan plg satu mikro’ sehari semalam. Jazakilah ukhti tlh diingat, salam

    Balas

  45. Khoirukum man ta’allamal Qur’an wa’allamahu. . . . Sepotong hadist yg menjadi motifasi untuk terus menghafal qur’an. . . Salam kenal sobat. . .jgn lupa mampir. . .

    Balas

  46. Suatu karunia yang patut disyukuri bagi yang bisa dan mampu menghapal Al.Qura’n..
    Salam

    Balas

  47. Sahabat2 saya menghafal Al Qur’an dengan gigihnya

    Balas

  48. Alhamdulillah… saya mencoba menghapal al quran walau, hanya beberapa surah saja yg mana saya sanggup menghapalnya

    Balas

  49. Ikut bersilaturahmi mengunjungi sahat di akhir pekan nan indah ini, salam buat umi Dewi sekeluarga

    Balas

  50. Assalamu’alaikum ustadzah dewi. Artikel yang menarik, kemurnian al-qur’an terjaga karena adanya penghafal al-qur’an. Mau dong dikasih buku barunya nanti.

    Balas

  51. Alhamdulillah saya mencoba untuk menghafal alquran semampunya dulu. Lam kenal, ditunggu ya kedantangannya ke blog ane.

    Balas

  52. Begitu banyak manfaat & keutamaan membaca al-Qur’an, sangat menggiurkan teh, tapi sayang pelaksanaannya kadang terlupakan dgn pekerjaan, terabaikan dgn hobi. Padahal membaca dan mengkaji Al-Qur’an harusnya menjadi kebutuhan bagi setiap Muslim.
    Semoga saja kita termasuk org2 yang selalu merindukan & istikomah dalam mengkaji kandungan & membaca AL-Qur’an

    Balas

  53. Assalamualaikum…Keutamaan menghafal al-quran senantiasa berada dalam posisi yang harus kita jalani ya mba, padahal saya menghapalkannya jika memerlukan tafsir untuk keperluan pengajian saja, makasih untuk pencerahan kali ini mba dewi yana

    Balas

  54. ass wr.wb mbk dewi keutamaan dan kehebatan alquran memang sempurna tak ada yang bisa menandinginya,doain saya bisa membaca dan menghafal alquran yang benar mbk dewi

    wasallam

    Balas

  55. aku cuma pengen bisa sholat dan membaca Quran saat ini kawan, makasih

    Balas

  56. pengennya sih menghafal al Qur’an. pernah sih…hanya sampai beberapa lembar…terus gitu deh…(kena penyakit syetan, malas…). dosa nggak ya? pengen tuker link…boleh ya…. (terima kasih)
    link mbak dah tak taruh di tukar link – huruf J. ditunggu balasannya. terima kasih.

    Balas

  57. Congratulation!!!!!
    Seandaix seluruh umat Islam Indonesia hafidz Qur’an…….Subhanallah…….Indinesia akan menjadi negara makmur & sejahtera….Amiin……..

    Balas

  58. Posted by yasir on 11 Februari 2011 at 21:18

    saudaraku, mhn izin artikelnya ya? smg Allah swt membalas sgl kebaikanmu berlipat-lipat.

    Balas

  59. Posted by yasir on 11 Februari 2011 at 21:21

    maksud saya mhn izin copy artikelnya, ya! jazakillah

    Balas

  60. Posted by vickysik on 7 Maret 2011 at 11:55

    Subhanallah, semoga Allah selalu menuntun kebaikan kepada kita semua, sehingga memudahkan kita utk menghafal firman-Nya.

    Balas

  61. Mari jadikan Al-Qur’an sebagai Bacaan kita, Hafalan Kita, Akhlak dalam seluruh kehidupan kita

    Balas

  62. Tambah Semangat Yuk mari tuk menghafalnya

    Balas

  63. Posted by ahmad on 1 Agustus 2011 at 23:09

    subhanallah

    Balas

  64. subhanallah, artikel yg bagus, boleh saya share ke teman2 di blog saya?

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 104 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: