MUHASABAH/ INSTROSPEKSI DIRI

Perjalanan hidup seorang muslim tidak selamanya berada diatas jalan kebaikan, tetapi kadangkala ada rambu-rambu yang dilanggar seperti menunda-nunda shalat, ghibah, dusta, iri hati, maksiat dan lainya.  Oleh karena itu, sebaiknya kita harus bisa menyediakan waktu untuk muhasabah/introspeksi diri, mengkaji dan mengevaluasi diri kita, mencoba untuk bercermin agar noda dan dosa yang melekat dalam diri menjadi terlihat jelas dan kita bisa segera melakukan perbaikan.

Alangkah baiknya apabila kita selalu mengevaluasi apa yang telah kita lakukan dan juga melakukan persiapan untuk menggapai masa depan yang lebih baik, Perhatikan firman Allah SWT berikut ini: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Hasyr [59]:18)

Ibnu Katsir menerangkan, yang dimaksud “hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat)” adalah intropeksilah diri kalian sebelum nanti dihisab oleh Allah SWT, dan perhatikanlah amal sholeh apa yang telah kau investasikan untuk bekal akhir nanti.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda:” beruntunglah orang yang selalu sibuk dengan aibnya sendiri dan meninggalkan aib orang lain. (HR. Addailami)

Dari Syadad bin Aus r.a., dari Rasulullah SAW, bersabda: Orang yang pandai adalah yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah SWT”. (HR. Imam Turmudzi, ia berkata, ‘Hadits ini adalah hadits hasan’) Hadits ini menggambarkan pentingnya muhasabah dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Terdapat beberapa aspek yang perlu dimuhasabahi oleh setiap muslim, antara lain :

  1. Yang pertama kali harus di muhasabah adalah aspek Ibadah, karena ibadah merupakan tujuan utama kita diciptakan. Perhatikan firman Allah SWT berikut ini: ”Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku” (QS. Adz-Dzaariyaat [51]: 56)
  2. Yang ke dua adalah aspek pekerjaan, usia & rezeki. Perhatikan sabda Rasulullah SAW berikut ini:  Dari Ibnu Mas’ud ra dari Nabi Muhammad SAW. bahwa beliau bersabda, ”Tidak akan bergerak tapak kaki ibnu Adam pada hari kiamat, hingga ia ditanya tentang lima perkara; umurnya untuk apa dihabiskannya, masa mudanya, kemana dipergunakannya, hartanya darimana ia memperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, dan ilmunya sejauh mana pengamalannya.” (HR. Turmudzi)
  3. Aspek yang tidak kalah penting untuk kita muhasabah adalah aspek kehidupan sosial, yakni hubungan kita dengan sesama manusia. Karena hubungan kita dengan sesama manusia memegang peranan sangat penting. Perhatikan sabda Rasulullah SAW berikut ini:  Dari Abi Hurairah r.a, Nabi SAW bersabda: “Tahukah kamu siapa yang  bangkrut itu?“, mereka (sahabat) berkata: “Ya Rasulullah, orang yang  bangkrut menurut kami ialah orang yang tidak punya kesenangan dan uang”  (kemudian) Rasulullah menjawab: “Sesungguhnya orang yang bangkrut dari  umatku ialah orang yang datang (pada hari kiamat) membawa pahala  sholat, zakat, puasa dan haji. Sedang (ia) pun datang (dengan membawa  dosa) karena memaki-maki orang, memukul orang, dan mengambil harta  benda orang (hak–hak orang), maka kebaikan-kebaikan orang (yang  menzalimi) itu diambil untuk diberikan kepada orang-orang yang  terzalimi. Maka tatkala kebaikan orang (yang menzalimi) itu habis,  sedang hutang (kezalimannya) belum terbayarkan, maka diambilkan kajahatan-kejahatan dari mereka (yang terzalimi) untuk di berikan  kepadanya (yang menzalimi), kemudian ia (yang menzalimi) dilemparkankedalam neraka (HR. Muslim)

Manfaat muhasabah/instrospeksi diri antara lain:

  1. Mengidentifikasi aib-aib yang terdapat dalam diri kita. Siapapun yang selalu mengintrospeksi dirinya, maka dia akan mengenal dan mengetahui kesalahan, kelemahan, cacat dan penyakit yang ada dalam dirinya. Setelah mengetahui keadaan dirinya, dia berusaha memperbaiki segala sesuatu dalam dirinya, mengobati penyakit jiwanya serta melakukan amal-amal shaleh, memperbaiki kesalahan dan tidak mengulanginya lagi
  2. Bersiap-siap untuk menyongsong akhirat nanti. Orang beriman meyakini bahwasanya dunia ini adalah bukan akhir dari segalanya, bukan akhir dari suatu kehidupan yang setelahnya tanpa ada pertanggung jawaban. Mereka meyakini dunia ini adalah fana’ tempat mengumpulkan bekal untuk akhirat nanti. Oleh karena itu mereka selalu mengadakan muhasabah diri demi suksesnya hidup yang akan dihadapinya kelak. Perhatikan firman Allah SWT: “Dan Sesungguhnya hari Kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan)” (QS, Adh Dhuha [93]: 4).
  3. Melahirkan rasa malu terhadap Allah SWT. Malu sesuatu yang sangat penting, karena ia termasuk dalam keimanan. Perhatikan hadits berikut ini:  Rasulullah SAW melewati seorang anshor yang sedang menasehati saudaranya tentang rasa malu, maka Rasulullah bersabda: “ Biarkanlah ia memiliki rasa malu karena malu itu termasuk dalam keimanan” (HR. Bukhori dan Muslim).  Bahkan lebih dari itu, dalam hadits lain dinyatakan: “Iman dan rasa malu merupakan pasangan dalam segala situasi dan kondisi. Bila rasa malu tidaka da, maka imanpun akan sirna” (HR. Al Hakim)
  4. Orang yang muhasabah, akan selalu berusaha untuk memperbanyak amal kebaikan, ini dilakukan karena ia menyadari, selama ini, ia telah mensia-siakan waktu dengan melakukan hal yang tidak bermanfaat. Perhatikan firman Allah SWT berikut ini: “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam salatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna.” (QS. Al Mu’minuun [23]: 1-3)
  5. Orang yang muhasabah akan takut terhadap Allah SWT, takut berbuat dosa dan maksiat.  Dengan takut kepada Allah SWT dapat dihasilkan sifat wara (berjaga-jaga), takwa dan mujahadah (optimalisasi), kita akan berjuang keras untuk mengoptimalkan segala yang baik. Jadi takutnya kita kepada Allah SWT akan melahirkan perbuatan-perbuatan terpuji yang bisa mendekatkan kita kepada Allah SWT. Perhatikan firman Allah SWT berikut ini: ”Dan barang siapa yang takut kepada Allah dan rasul-Nya, dan takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, maka mereka adalah orang-orang yang mendapat kemenangan” (QS. An-Nuur [24]:52).   Ibnu Katsir berkata: “Orang yang takut kepada Allah maksudnya takut berdiri di hadapan-Nya dan takut hukuman-Nya, sehingga ia bisa menahan hawa nafsunya di dunia dan senantiasa kembali mentaati seruan-Nya.”

Dari Syadad bin Aus ra, dari Nabi Muhammad SAW, bahwa beliau berkata, ‘Orang yang pandai adalah orang yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah orang yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah SWT. (Imam Turmudzi).  Dan diriwayatkan dari Umar bin Khatab ra beliau berkata, ‘hisablah (evaluasilah) diri kalian sebelum kalian dihisab, dan berhiaslah (bersiaplah) kalian untuk hari aradh akbar (yaumul hisab). Dan bahwasanya hisab itu akan menjadi ringan pada hari kiamat bagi orang yang menghisab dirinya di dunia. (Keterangan: – Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dalam Jami’nya, kitab Shifatul Qiyamah War Raqa’iq Wal Wara’ An Rasulillah SAW, bab Minhu, hadits no. 2383.   – Diriwayatkan juga oleh Ibnu Majah dalam Sunannya, Kitab Al-Zuhud, Bab Dzikrul Maut Wal Ist’dad Lahu, hadits no. 4250.   – Diriwayatkan juga oleh Imam Ahmad bin Hambal dalam Musnadnya, dalam Musnad Al-Syamiyin, hadits Syadad bin Aus, hadits no. 16501.)

Kehidupan kita di dunia ini, akan sangat menentukan kehidupan kita di akhirat kelak.  Untuk  itu marilah kita perbanyak melakukan muhasabah/ instrospeksi diri, karena sebaik-baik manusia adalah yang selalu mengevaluasi dengan bermuhasabah diri dalam setiap perbuatan yang telah ia lakukan.

Beberapa hari lagi, kita semua akan menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan, saya dan keluarga, mohon di maafkan atas segala salah/ khilaf, kepada semua teman-teman.

Dalam bulan Ramadhan nanti, saya mungkin akan sedikit mengurangi posting blog, hal tersebut dikarenakan, Alhamdulillah, setiap Ramadhan saya ada kesibukan, yang tidak perlu saya katakan disini. tapi saya akan berusaha semaksismal mungkin untuk tetap meng-update blog ini dan menyapa teman-teman semua seperti biasanya.

Dewi Yana

https://jalandakwahbersama.wordpress.com

75 responses to this post.

  1. Assalamu’alaikum, @mba Dewi Yana
    Nice artikel.

    #Haniifa.

    Balas

  2. Wah..infonya sangat menarik dan berguna sekali..
    Benar sekali mbak.. Setiap kita memang harus selalu berusaha utk dapat mengoreksi diri pribadi dulu..baru orang lain. Namun kadang kenyataan yg terjadi bisa sebaliknya..kita kadang lebih asyik mengoreksi orang lain, dan lupa akan kekurangan serta keburukan kita sendiri… Makasih udah mau berbagi.. Salam hangat.. Salam damai selalu…

    Balas

  3. Assalamualaikum

    Subhanallah sungguh artikel yang sangat bermanfaat
    Semoga Allah selalu memuliakan hamba-hambanya yang senang berbagi dalam hal kebaikan
    AMIN

    Balas

  4. Bener banget Mbak, kita harus sering instrospeksi diri, karena kita emang ngga luput dari salah, makasih ya, udah mengingatkan. Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan, mohon maaf lahir batin.

    Balas

  5. Assalamu’alaikum mba Q….
    Selamat menyambut Ramadhan…
    Kita saling mema’afkan yaaa?? 0_0 (kosong kosong )heee…..
    Semoga ramadhan kali ini kita termasuk org yg mendapt berkahNYA dan menjadi ladang amal yg baik. AMIN.

    Maka tatkala kebaikan orang (yang menzalimi) itu habis, sedang hutang (kezalimannya) belum terbayarkan, maka diambilkan kajahatan-kejahatan dari mereka (yang terzalimi) untuk di berikan kepadanya (yang menzalimi), kemudian ia (yang menzalimi) dilemparkankedalam neraka (HR. Muslim) => haduuu ini kok serem banget ya mb?? NAuzubillah..semoga jauh jauh deh…… ^_^

    Trimakasi mba atas semua Ilmu yg telah saya dapat dari blog ini.
    tetep sehat ya mba……
    Salam untuk semua keluarga disana🙂

    Balas

  6. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…
    Marhaban Ya Ramadhan…
    Marhaban Syahrasshiyam…

    Mba Dewi yg dimuliakan ALLAH SWT
    alfaqir mohon maaf lahir batin atas segala kekhilafan & kesalahan diri yg hina ini.
    Semoga Ramadhan kali ini dapat kita jalankan dgn sebaik-baiknya ibadah menuju kemenangan yg sempurna dlm cahaya keridho’an ALLAH Penggenggam Alam Semesta…

    Balas

  7. Posted by KangBoed on 19 Agustus 2009 at 16:37

    Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus saya Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh..

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    Balas

  8. marhaban yaa ramadhan..mari kita sambut bulan yang penuh rahmat ini dengan hati yang bersih….semoga kita bisa menjadi insan kamil setelah bulan ramadhan kali ini..mari benar benar kita manfaatkan

    Balas

  9. Semoga Allah swt menjadikan kita bagian dari orang-orang yg suka menghisab diri setiap saat.

    Mbak Dewi,

    Meski pertemuan baru saja tertambat, boleh jadi ada khilaf yg tak bisa disingkap, dan pasti Allah swt Maha Mengetahui. Mohon maaf lahir dan bathin atas segala khilaf. Semoga bersih hati tuk menuju Romadhon yang suci di tahun ini..insya Allah..amiin.

    Wassalam,
    Rozy

    Balas

  10. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Dengan Ibadah Puasa yg sebentar lagi akan Kita jalani.. semoga dapat mengintrospeksi diri masing-masing… Tak lupa juga me & my family mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan tuk Mbak Dewi Yana sekeluarga.
    Salam Hangat
    C.U
    Wassalam

    Balas

  11. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Ramadhan Mubarak!!!!
    Selamat Menyambut bulan suci ramadhan
    semoga puasa ramadhan kita memperoleh berkah dari Allah Ta’ala. Amin

    Balas

  12. assalamu’alaikum Mbak Dewi,
    saya mohon maaf lahir bathin atas segala kekhilafan dan kata2 yg kurang berkenan.
    Selamat menjalankan ibadah shaum,
    Semoga Allah swt meridhai amal ibadah kita, amin.
    Salam.

    Balas

  13. dulu bundo ndak paham apa itu Muhasabah.. ternyata kita butuh untuk selalu bermuhasabah. semoga Ramadhan ini proses introspeksi diri selalu kita latih.. agar bisa terlahir suci kembali, InsyaAllah..

    maaf lahir bathin ya wie…

    Balas

  14. Assalamualaikum wr. wb.
    Saya dan Keluarga mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan, semoga Rahmat Allah SWT selalu melimpahi Mbak Yana dan Keluarga. Mohon diampun dan maaf jika ada yang tersilap. Semoga kelak kita dipertemukan Allah di Ramadhan yang akan datang, sekalipun hanya melalui media blog. Salam Kenal mbak yana, terima kasih sudah bertandang ke blog saya yang masih kosong…..

    Balas

  15. Assalamualaikum…
    Marhabban ya ramadhan, ya Allah tumpahkanlah rahmat dan hidayahmu kepada mbak Yana dan Keluarganya, berikanlah rejeki yang melimpah serta ampunilah kesalahan dan kekhilafan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA RAMADHAN.
    Wassalam.

    Balas

  16. […] Saya bukan orang yang pintar masalah agama, jika rekan-rekan ingin mengetahui lebih banyak mengenai kebaikan dan dakwah pribadi silahkan kunjungi blog kakak saya https://jalandakwahbersama.wordpress.com […]

    Balas

  17. syukron for sharing mbak…

    Balas

  18. Smoga kita semua bisa masuk ke bulan ramadhan dan memanen semua pahala yang ALLOH SWT sediakan…
    Mari berbenah diri dan bersiap menyambut Bulan nan suci ini….

    Mohon maaph lahir batin…

    Balas

  19. Selamat menunaikan ibadah puasa, mohon maaf lahir batin

    Balas

  20. Artikel yang sangat mengena dimana kita harus bisa bermuhasabah menghitung diri kita dari dosa dan maksiat untuk semakin mnjauhi hal-hal yang dilarang. MAnusia sangatlah sulit untuk mengkoreks diri mereka sendiri. Senag mencela, melihat kekurangan orang namun sangat sukar untuk melihat kekurangan yang ada pada dirinya. Mantabs…

    salam kenal. mampri ke blog kami

    Balas

  21. sambil merunduk dan merenung . mengingat kesalahan diri dan hanya mengatakan kepada saudara saya ini. mohon maaf lahir batin. semoga apa yang kehendak kebaikan diri kita mejadi pemacu semakin lebih baik lagi sisaat ini dan esok amien

    Balas

  22. Posted by endang kusman on 20 Agustus 2009 at 11:03

    Assalamu’alaikum

    Orang yang mau introspeksi diri adalah orang yang bijak..
    Selamat menunaikan ibadah saum.. maaf lahir batin

    Wassalam..

    Balas

  23. Terima kasih ilmunya sahabat,
    selamat menyambut bulan suci Ramadhan
    semoga Ramadhan kita kali ini menjadi ramadhan yang penuh berkah dan ampunan. Amin

    Balas

  24. Assalamu ‘alaikum
    Selamat menunaikan ibadah puasa, mohon maaf lahir dan bathin. Barangkali ada khilaf dari daku hamba hina ini dalam menulis dan berkomentar. Mbak Dewi Yana YTH, jika berkenan sudilah kiranya menempatkan nama Rusli Zainal Sang Visioner di bagian blogroll – Blog Teman JDB. Keikhlasan bantuan mbak dewi amat sangatlah berarti bagi saya. Terima kasih yang sebanyak2nya untuk sahabat. Jazakumullahu khoirol jaza’

    Balas

  25. saya ingin sekali muhasabah… bukan muhasabah2 nangis2 bentar trus salaman. tapi muhasabah sebenarnya, muhasabah yang diiringi dengan taubat…

    Balas

  26. haddiirrrr….
    siang siang mengunjungi sahabat, tuk memohon maaf dan mengharap kemurahan hati sahabat tuk sekedar memaafkan segala kesalahan yang telah aku perbuat.
    Mari kita luruskan niat, sucikan hati, semoga Ramadhan dapat mengantar kita kembali fitri
    cu….
    note: sorry.., komenx-nya ntar aja ya…..

    Balas

  27. Hmm..
    Saatnya introspeksi diri kembali..
    Di bulan penuh rahmat ya ce.😉

    Balas

  28. orang bijak selalu berinstropeksi diri.
    salam superhangat untuk keluarga

    Balas

  29. Marhaban Ya Ramadhan…Maafkan lahir batin…
    Mari tingkatkan introspeksi diri dibulan yang penuh barokah & ampunan ini. Amiin
    Terima kasih, postingan yang sangat manfaat untuk saya pribadi & yang lainnya.

    Balas

  30. Terima kasih sekali mbak dewi, blog anda sudah saya taut dibagian Page Tukar Links, mudah2an bisa mempererat ukhuwah islamiyyah.

    Balas

  31. Terima kasih mbak, informasi anda cukup membantu saya dalam melakukan Instropeksi diri.

    Salam Kenal

    Balas

    • Assalamu’alaikum,
      Terima kasih Mas Kris, saya sudah coba mengunjungi blog Anda, tapi tidak bisa, krisindarto@blogspot.com, tidak dapat di klik. Salam kenal juga, semoga silaturahim kita selalu terjaga.
      (Dewi Yana)

      Untuk teman-teman yang lain : Saya mengucapkan terima kasih. mohon maaf, saya tidak menjawab komentar teman-teman di blog ini. Tapi InsyaAllah, seperti biasanya, saya akan menjawab langsung di blog teman-teman.
      (Dewi Yana)

      Balas

  32. Posted by KangBoed on 20 Agustus 2009 at 16:45

    Mari terus kita semakin mengenal diri.. berbicaralah dengan hati nurani.. jadikan HATI sebagai teman selam berjalan di sini
    salam sayang

    Balas

  33. Assalamu ‘alaikum wr. wb. Mungkin bisa ditambahkan satu lagi mbak, muhasabah secara umum yaitu bagaimana kita menggunakan sisa umur kita.
    Salam hangat dari Surabaya.

    Balas

    • Wa’alaikum salam,
      Pakde Cholik, mengenai tambahan yang Bapak maksudkan, saya sangat setuju. Karena Nabi Muhammad SAW bersabda : ”Ada dua kenikmatan yang seringkali manusia lalai memanfaatkannya: kesehatan dan senggangnya waktu” (HR Bukhari, Tirmidzi dan Ibnu Maajah dari Ibnu Abbas r.a).

      Mari kita isi sisa umur kita dengan memperbanyak amal shaleh, kita hindari dan jauhi sikap bermalas-malasan/menunda-nunda amal ibadah, mengejar dunia dan melupakan akhirat, hingga membuat waktu terlewat begitu saja tanpa melakukan sesuatu yang membawa kemaslahatan bagi akhirat kita.
      Mensia-siakan waktu merupakan suatu kesalahan fatal, karena waktu yang telah lewat, tidak akan pernah bisa kembali lagi. Dan kita tidak pernah tahu kapan ajal datang menjemput, akan sangat meruginya kita, apabila kita masih terus saja bermalas-malasan dan berada dalam kelalaian kemudian kematian mendatangi kita, sementara belum ada atau masih sedikit sekali amal kebaikan/amal ibadah yang kita lakukan.
      Sebaiknya kita persiapkan dulu bekal kita, kita kirimkan terlebih dahulu sebanyak-banyaknya amal kebaikan ke liang kubur kita, sebelum kita mendatanginya nanti. Agar saat kita tiba disana, sudah banyak hal-hal menyenangkan yang akan menemani kita hingga sampai kita dibangkitkan nanti.
      (Dewi Yana)

      Balas

  34. Assalamu alaikum

    instropeksi diri memang perlu pa lagi menjelang bulan ramadhan ini. cz ini bisa meningkatkan ibadah kita pada Allah.

    Met menjalankan ibadah puasa. semoga amal kita di bulan ramadhan ini di terima disisi Allah. amien

    Balas

  35. Dewi, dila mau minta maaf sebelum puasa. dimaafkan segala kesalahan dila yah….🙂

    Balas

  36. selamat berpuasa ya…,
    jika ada kesalahan mohon di maafkan…,

    Balas

  37. maafin ya bentar lagi puasa trus lebaran deh, comentnya yar ja hehehe

    Balas

  38. Assalamu ‘alaikum wr. wb
    Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Sahabatku.
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

    adalah Doa kita bersama:
    “Ya Allah, muliakan & sayangilah semua sahabatku ini, bahagiakan keluarganya, berkahi rizkinya, kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya, jauhkan dari segala fitnah. amiin.”

    Balas

  39. Ahlan Wa Sahlan Yaa Syahra Ramadhan..
    SELAMAT MENJALANKAN IBADAH SYAUM,MOHON DIMAAFKAN ATAS SEGALA DOSA, KESALAHAN DAN KEKHILAFAN

    Salam

    Balas

  40. malam Mba Dewi..maaf saya OOT hanya mau mengucapkan, Marhaban Ya Ramadhan..Mohon maaf bilamana Ada kata-kata yang menyinggung ataupun menyakiti baik sengaja ataupun tidak disengaja..mari sambut Ramadhan ini dengan hati yang bersih😀

    -salam- ^_^

    Balas

  41. semoga dengan permintaan maaf ini allah swt menyempurnakan puasa kita, membersihan hati kita dan membuat hidup kita jauh lebih baik dengan ketenangan jiwa dan keikhlasan hati dan menjadikan kita penghuni surganya…amiien ! thanks

    Balas

  42. Saya bisa Online pada hari Minggu, jadi puasa sudah lewat sehari..
    Hari ini saya ingin mengucapkan selamat berpuasa dan semoga amalan serta ibadah di bulan yang suci nanti dapat diterima Allah SWT…
    Salam semangat selalu dari Bocahbancar

    Balas

  43. ya akupun terinspirasi dengan postingan ini, sinergi dengan postingan terbaruku. Sebuah intropeksi dan renungan. Sebuah hal yang perlu dan sangat penting. Mohon maaf lahir batin

    Balas

  44. Kata orang seh : Hisablah dirimu sebelum engkau dihisab…..
    Mari segera berintrospeksi diri

    Balas

  45. Selamat menunaikan Ibadah Shaum. Semoga tahun ini berkah dan kualitas diri kita semakin meningkat dan lebih baik.

    Mohon maaf atas segala kesalahan, yang disengaja ataupun tidak.

    Salam hormat dan takzim selalu.

    Balas

  46. Mohon Maaf Lahir Batin Mbak…

    Sukses Selalu

    Balas

  47. Tidak ada salahnya menjelang bulan suci ramadhan ini bermaaf maafan, maka dari itu maafkan lah daku atas segala tindakan dan ucapan yang tidak mengenakan.
    Marhaban Yaa Ramadhan… ^_^

    Balas

  48. selamat menyambut bulan ramadhan, slam kenal ya🙂

    Balas

  49. dan saat ramadhan datan9 kami semua menyambutna den9an sukacita..
    saat yan9 san9ad tepat untuk kembali ber muhasabah,..

    trimakasi ya teh…,makasi uda din9etin.. *jadi bercermin diri la9i..🙂

    Balas

  50. permios….

    selagi nyawa masih tenggelam dalam raga…
    selagi kata dapat terucap…
    selagi waktu dapat dilalui…

    hanya kata maaf yang dapat aku sampaikan…
    semoga dapat menghapus segala dosa dan kesalahan kita…

    selamat menjalankan ibadah puasa…
    semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa ini dengan hati yang ikhlas dan tulus…

    semoga Ramadhan kali ini kita jalani lebih baik lagi dari Ramadhan sebelumnya…
    salam sayang :D….

    Balas

  51. Iya, kita harus senantiasa berkontemplasi, bermuhasabah.

    Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga Ramadhan kali ini dapat kita manfaatkan dengan selalu giat beribadah.

    Balas

  52. selamat ber-ramadan, kawans
    semoga bisa menginspirasi di 11 bulan lainnya untuk berbuat baik dan menjadi lebih baik lagi.. Minal Aidinh Wal Faizin, Aminin..

    -BakuDara.Com-

    Balas

  53. mampir bentar disini aah……🙂

    Balas

  54. Selamat menunaikan ibadah puasa ya..
    semoga amalan serta ibadah di bulan Ramadhan membawa rahmat dan berkah yang melimpah..
    Salam sejahtera,

    Balas

  55. selamat menunaikan ibadah puasa

    Balas

  56. Selamat menunaikan ibadah puasa. jangan sampai gara gara ngeblog puasanya batal kawan

    Balas

  57. Belajar utk selalu mengenal diri yg sebenarnya.. Agar tau makna dan tujuan kita dihidupkan..
    Damailah dgn diri pribadi, agar tercipta kesinambungan antara jiwa dan raga..antara pikir dan rasa…antara hidup dan karsa…

    Salam hangat..
    Salam damai..
    Selalu…

    Balas

  58. nice artikel…
    salam knal ia..
    ditunggu kunjungan baliknya…
    ^^

    Balas

  59. mohon maaf lahir & batin sob, kalau ada komentar AeArc yang gak baek selama ini maafin ya!

    Balas

  60. Posted by finda on 22 Agustus 2009 at 15:35

    Aslm…Berkunjung lagi ke Blog-nya Mba’Dewi di hari pertama Ramadhan…
    Mohon maaf ats sgala ksalahan…
    Kunjungan kali ini qu membawa bingkisan…
    Smoga ukhti berkenan…
    ( Bingkisan dapat diambil di http://definda.wordpress.com )
    Smoga bs mempererat persaudaraan…
    _Salam dr Finda yg menawan 😉 _ afwaaan…

    Balas

  61. assalamua’alaikum……
    tanpa banyak kata namun banyak memohon…….
    mohon ma’af lahir batin dan………….

    salam kenal

    Balas

  62. selamat berpuasa ya bu… semoga puasanya lancarrr poolll. amin~

    Balas

  63. Posted by Siti Fatimah Ahmad on 23 Agustus 2009 at 15:33

    Assalaamu’alaikum

    Selamat Berpuasa dan menjalani ibadah puasanya dengan tenang serta mendapat keredhaannya. Selamat juga untuk berbuka puasa dan bersahur bersama keluarga. Bulan ramadhan bula mulia, mari kita bersama meraikannya. Salam sayang buat Dewi di sana.

    Balas

  64. aslmkm…. betapa indahnya diri jika kita berintropeksi. salam… mba dewi.🙂

    Balas

  65. salam kenal
    selamat menjalankan ibadah puasa🙂

    Balas

  66. Assalamu’alaikum

    insya allah, blog mbak @wie akan saya jadikan tempat belajar dan menimba ilmu

    untuk ilmu soal agama dan hadits, saya masih awam. Apa yang teman2 baca dari blog saya adalah hasil terjemahan, Rabbi zidni ilmi

    hatur tengkiu, qarrobin

    Balas

  67. hadddiirr….
    pagi2 gini… menyambangi sahabat untuk mencari kopi untuk bekal puasa nanti… sekaligus utk berucap terima kasih tak terhingga atas doa yang para sahabat berikan utk sahabatku yang sedang tergeletak lemah… terima kasih….

    Balas

  68. bermuhasabah adalah cara untuk semakin mengenal diri kita sendiri yang akan menjadi landasan kita untuk semakin mengenal Sang Khaliq….

    muhasabah total biasa aku lakukan minimal 4 kali dalam setahun mbak, saat 1 Muharam, aku ultah, jelang ramadhan en selepas idul fitri…

    cukupkah menurut mbak..???

    cu..

    Balas

  69. Subhanallah… mari kita berintrospeksi diri dan bersyukur tentang nikmat yg telah Allah berikan kepada kita…dan semoga ke lima manfaat itu akan bisa kita terima .. amin

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: