MENGAPA DOAKU BELUM DIKABULKAN ?

Mungkin ada dari kita yang pernah bertanya-tanya dalam hati, mengapa doa yang kita panjatkan belum juga dikabulkan Allah? Atau mengapa pertolongan Allah belum datang juga, untuk mengatasi kesulitan yang sedang kita alami? Padahal kita telah sungguh-sungguh berdoa.

Ada beberapa sebab mengapa doa tidak segera dikabulkan dan ada hikmah yang terkandung didalamnya:

  1. Allah SWT berfirman: Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. Al Baqarah [2] : 186). Dalam firman Allah  SWT diatas, jelas sekali disebutkan, bahwa Aku mengabulkan permohonan oran gyang berdoa kepada-Ku, maka hendaklah ia memenuhi (segala perintah-Ku)….. Perhatikan ayat ini dengan seksama, dan tanyakan dengan jujur pada diri kita sendiri, sudahkan kita memenuhi segala perintah-Nya? Atau kita hanya berdoa dan mendatangi-Nya saat kita sedang mengalami kesusahan saja? Tanyakan juga dengan jujur pada diri sendiri, kapankah kita terakhir kali berdoa dengan penuh kekhusu’ an dan benar-benar mendekatkan diri pada-Nya? Tanyakan dengan jujur pada diri sendiri, apakah saat kita dalam keadaan senang dan saat kita tidak ada masalah/kesulitan, kita berdoa dan menghadap pada-Nya, sebaik dan sesering saat kita ditimpa kesulitan? Tanyakan dengan jujur pada diri kita, seberapa banyak kita mengingat-Nya disaat kita berada dalam kelapangan/kemudahan? Sudahkah kita mengutamakan-Nya, diatas urusan dunia kita, baikd alam keadaan kita lapang atau sempit?
  2. Sebab tertundanya pengabulan doa kita adalah karena kita belum memenuhi syarat-syarat diterimanya doa. Mungkin kurang khusyu’ dalam berdoa, atau dalam berdoa,  kita kurang merendahkan diri dan sikap pasrah secara total kepada Allah .
  3. Mungkin karena kita belum bertobat, bertobat yang sungguh-sungguh tobat (nasuha). Atau mungkin ada makanan kita mengandung syubhat atau ada hak milik orang lain pada diri kita dan kita belum mengembalikannya. Karena itu, kita harus bertobat dengan taubat nasuha, dengan melengkapi syrat-syaratnya dan mengembalikan hak orang lain yang mungkin masih ada pada kita.  Perhatikan sabda Rasulullah saw berikut ini: ”Hai Saad (Ibn Abi Waqash), makanlah makanan yang baik-baik niscaya engkau akan menjadi orang yang doanya dikabulkan. Dalam hadits sahih lainnya disebutkan:  ”Lalu Rasulullah mengisahkan seseorang yang rambutnya acak-acakan dan berdebu, sementara tangannya menengadahkan ke langit untuk berdoa, ”Ya Allah, ya Allah”. Padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram. Diberi makan dari sumber yang haram. Bagaimana doanya dikabulkan? (HR. Muslim, Tirmizi dan Ahmad)
  4. Penyebab lainnya, mungkin Allah SWT sengaja menyimpan pahala dan balasan doa kita di akhirat kelak atau Allah menghilangkan keburukan dari kita. Diriwayatkan dari Ubadah bin Shamit ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda: ”Tidaklah seorang Muslim yang ada di atas bumi berdoa kepada Allah dengan suatu doa kecuali Dia pasti mengabulkan doa itu atau menghilangkan keburukan darinya selama ia tidak berdoa untuk keburukan atau memutuskan hubungan silaturahim.”. Seseorang berkata ,”Bagaimana jika kita memperbanyak doa?”. Rasulullah Saw bersabda: ”Allah lebih banyak lagi mengabulkan doanya atau menghilangkan keburukan darinya.” (HR. Tirmizi, Ahmad, Ibn Hibban)
  5. Allah SWT tidak segera mengabulkan doa kita, untuk kebaikan kita sendiri. Adakalanya jika seseorang dikabulkan doanya dengan segera, mungkin dia akan lupa diri sehingga Allah menunda terkabulnya doa. Tidak sedikit orang yang di saat miskin ia seorang hamba yang takwa kepada Allah, rajin ibadahnya, namun setelah kaya ia lupa Allah dan jauh dari Allah. Ingatlah, Allah Maha mengetahui, sedangkan kita tidak. Dan Pilihan Allah untuk kita adalah pilihan yang terbaik

Berikut beberapa firman Allah SWT yang terdapat dalam Al Quran tentang doa :

  1. Allah swt. berfirman: “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (QS. Al-A’raf [7] :55)
  2. “Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari  menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al Mu’min [40] : 60)
  3. “Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai Al-Asmaaul Husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu (doamu) dan janganlah pula merendahkannya. Dan carilah jalan tengah di antara kedua itu.” (QS.Al-Isra’ [17] :110)
  4. “Maka Kami memperkenankan doanya, dan Kami anugerahkan kepadanya Yahya dan Kami jadikan isterinya dapat mengandung. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada Kami.” (QS. Al-Anbiya [21] :90)

Berikut beberapa Hadits Rasulullah saw tentang doa :

  1. Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda: Berdoalah kepada Allah, sedangkan kalian yakin akan dikabulkan doa kalian. Ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai. (HR. Imam Ahmad)
  2. Rasulullah saw. mengajarkan dan mengingatkan orang-orang beriman, apa-apa yang mesti mereka perhatikan dalam pelaksanaan ibadah, baik berupa ketaatan maupun sikap ikhlas, juga bersimpuh hanya kepada-Nya dengan doa, doa yang mengantarkan mereka pada petunjuk dan jalan kebaikan. Ini menunjukkan betapa pentingnya ibadah doa. Bahkan ada tiga kelompok yang doanya tidak akan tertolak:  “Tiga kelompok yang tidak akan ditolak do’anya: Orang yang berpuasa sampai ia berbuka. Pemimpin yang adil. Dan do’a orang yang teraniaya. Allah menyibak awan dan membuka pintu-pintu langit seraya berfirman: “Demi kemulian-Ku dan keagungan-Ku, pasti Aku tolong kamu, walau setelah beberapa waktu.” (Ahmad dan At Tirmidzi)
  3. Dari Jabir ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda: “Janganlah kalian berdoa untuk kemadharatan diri kalian, dan jangan berdoa untuk keburukan anak-anak kalian. Jangan berdoa bagi keburukan harta-harta kalian. Janganlah kalian meminta kepada Allah di satu waktu yang diijabah Allah, padahal doa kalian membawa keburukan bagi kalian.” (HR. Imam Muslim)
  4. “Doa salah seorang di antara kalian pasti dikabulkan selama tidak terburu-buru agar doanya segera dikabulkan hingga ia berkata, “Aku telah berdoa kepada Tuhanku, tetapi doaku tidak dikabulkan.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad) Di dalam hadits riwayat Muslim disebutkan:  Ditanyakan,”Wahai Rasulullah, apa yang disebut dengan terburu-buru?” Rasulullah Saw bersabda,”Hamba itu berkata,”Aku berdoa dan terus berdoa, tetapi doaku tidak dikabulkan.” (HR. Muslim

Jangan berputus asa, apabila kita telah sungguh-sungguh berdoa namun belum dikabulkan juga, karena Allah telah menjamin menerima dan mengabulkan doa yang kita mohonkan sesuai dengan pilihan-Nya, bukan menurut keinginan/pilihan kita, dan mengabulkan doa pada saat/waktu yang Dia kehendaki/ tentukan, bukan pada waktu/saat yang kita kehendaki/tentukan. (Al Hikam, Ibn Athaillah)

Setelah memperhatikan  semua firman Allah SWT dan hadits Rasulullah SAW diatas, mudah-mudahan sekarang ini kita bisa mengetahui dan memperkirakan apa penyebab doa kita tidak segera dikabulkan oleh Allah SWT. Cari tahu penyebabnya, dan apabila ada yang salah, segera perbaiki disertai dengan keyakinan, tetap baiksangka kepada Allah SWT dan tawakal.

Dewi Yana

https://jalandakwahbersama.wordpress.com

75 responses to this post.

  1. Pertamaxxxxxxx

    Balas

  2. Posted by batjoe on 31 Agustus 2009 at 19:20

    terkabulnya doa bukan hanya Allah semata yang menentukan tapi diri kitalah yang harusnya tau apakah terkabul atau tidak karena Allah senantiasa menepati janji-janjinya.
    cobalah kemablikan terlebih dahulu ke dalam hati kita.
    salam hangat buat mba dewi yana semoga berkenan untuk mampir

    Balas

  3. Hanya KepadaMu Kami Menyembah… Dan Hanya KepadaMu Kami Memohonkan Sesuatu…
    Salam hangat dan damai selalu…

    Balas

  4. Posted by Dangstars on 31 Agustus 2009 at 20:34

    Terimakasih telah berbagi

    Balas

  5. emang gak gampang tuk bersabar dari ujian Allah
    Tapi … selama kita masih bisa bersyukur
    Doa-doa kita biasanya akan terjawab satu per satu

    Balas

  6. sampai akhirnya hati kita bicara kapan pertolongan Allah itu datang. hingga terkadang sampai hampir buruk sangka pada Allah. Ya tidak mudah rupanya bersabar. Semoga romadhon kali ini bisa membawa berkah dan kesabaran

    Balas

  7. doa belum dikabulkan, karena DIA ingin bundo terus tengadahkan tangan meminta padaNYA.. tak berhenti..

    Balas

  8. Sudah baca tentang kisah Ibrahim bin Adham, tentang mengapa doa kita belum terkabulkan ?

    Balas

  9. adab doa yang bagus gmana??

    moga doaku semua terkabulkan ..amien..

    Balas

    • Assalamu’alaikum,
      Sebenarnya jawaban pertanyaan ini, sudah saya siapkan untuk postingan berikutnya, tapi karena Mas Noersam tanya, saya akan coba persingkat jawabnya disini. (tapi inipun masih cukup panjang). Adab dalam berdoa : yang sebaiknya dilakukan dalam keadaan kita wudhu.

      1. Ikhlas dalam Berdoa. Doa yang bersumber dari relung hati yang terdalam bukan doa yang dibuat-buat.”Dan katakanlah : ” ……Luruskanlah dirimu di setiap sembahyang dan sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ketaatanmu kepada-Nya ” (QS. Al-Araf : 29 ).
      2. Mengawali Doa dengan Pujian Kepada Allah. Fadhalah bin Ubaid berkata, Rasulullah saw mendengar seseorang yang sedang berdoa dalam shalatnya, ia tidak mengawali doanya dengan menyebut Allah (memuji-Nya) dan tidak pula bershalawat atas nabi. Kemudian Rasulullah bersabda , ” Orang ini terburu-buru dalam berdoa” setelah itu Rasulullah memanggilnya dan berkata, ” Apabila seorang dari kalian berdoa,hendaklah ia mengawalinya dengan pujian kepada Allah, kemudian bershalawat atas nabi. Baru kemudian berdoa sesuai dengan keinginannya.” ( HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Hibban ).
      3. Keyakinan atas Terkabulnya Do’a. Tidak perlu ragu-ragu dan khawatir doa kita tidak terkabul. Dan memang tidak boleh ragu sedikit pun. Harus yakin bahwa semua doa kita didengar Allah. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Berdoalah kepada Allah dan kalian meyakini bahwa Allah akan mengabulkannya. Ketahuilah bahwa Allah tidak akan mengabulkan dao yang berasal dari hati yang lalai dan main-main.” (HR. Tirmizi, Hakim dan Ibn Hibban)
      4. Tidak Putus Asa dalam Berdo’a. Setelah selesai berdoa , yang merupakan bagiandari sebuah usaha agar takdir yang akan datang itu sesuai dengan keinginan kita, janganlah putus dalam berdoa. Jangan patah arang walaupun hingga saat ini apa yang kita minta tak kunjung nampak hasilnya. Apalagi”ngambek”kepada Allah, jangan sampai terjadi.
      Belum terkabulnya yang kita minta, tidak berarti bahwa Allah mengingkari janji-Nya, dan tidak lagi sayang kepada kita. Buang jauh-jauh perasaan itu, karena wujud terkabulnya doa itu sendiri bermacam-macam. Mungkin doa kita segera terkabul tak lama setelah kita bedoa. Atau mungkin pula Allah menundanya hingga waktu yang lain, atau bisa pula doa kita tidak terkabul tetapi Allah menggantinya dengan nikmat lain, yang seringkali nikmat itu tidak kita sadari. Atau bahkan doa itu menjadi wasilah tertolaknya bencana. Selain itu, doa juga bisa menjadi sebab penghapusan dosa, sekaligus sebagai bekal timbangan amal kebaikan kita di akhirat. Rasulullah bersabda,”Manusia yang paling lemah adalah orang yang tidak mampu berdoa, dan orang yang paling kikir adalah orang yang enggan mengucapkan salam.” (HR. Thabrani, Baihaqi dan Ibnu Hibban dari Abu Hurairah).
      5. Tidak berlebih-lebihan dalam Berdo’a. Ulama menjelaskan maksud dari belebih-lebihan dalam berdoa. Yaitu seseorang berdoa dengan memohon sesuatu yang terlarang, atau berdoa dengan suara yang keras. Atau terlalu berlebih-lebihan dalam menyusun kata-kata. Dengan kata lain, ia berusaha menyusun kata yang bersajak. Padahal yang lebih baik sebenarnya berdoa dengan doa yang ma’tsur (doa yang diambil dari Al-Qur’an dan Hadist). Tapi kalau tidak bisa dan belum hafal,ya silahkan berdoa dengan bahasa yang kita kuasai. Berdoa dengan suara keras itulah yang sering kita temukan dimasyarakat yang justru mengganggu kekhusyukan teman sebelahnya yang juga sedang berdoa. “Sesungguhnya akan ada suatu kaum dari umat ini yang berlebih-lebihan dalam bersuci dan berdoa.” (HR. Ahmad dari Abdullah bin Mughaffal).
      6. Tidak Berdoa Untuk Sesuatu Dosa atau Memutuskan Silaturrahmi
      Dari Abu Said bahwasanya Rasulullah saw bersabda: “:apabila seorang muslim berdoa dan tidak memohon suatu yang berdosa atau pemutusan kerabat kecuali akan dikabulkan oleh Allah salah satu dari tiga ; Akan dikabulkan doanya atau ditunda untuk simpanan di akhirat atau menghilangkan daripadanya keburukan yang semisalnya”. (Musnad Ahmad 3/18. Imam Al-Mundziri mengatakannya Jayyid (bagus) Targhib 2/478].
      7. Dari Abu Hurairah ra bahwasanya Rasulullah saw menyebutkan : ”Seorang laki-laki yang lusuh lagi kumal karena lama bepergian mengangkat kedua tanganya ke langit tinggi-tinggi dan berdoa : Ya Rabbi, ya Rabbi, sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan dagingnya tumbuh dari yang haram, maka bagaimana doanya bisa terkabulkan.?” (Hadits Shahih Muslim, kitab Zakat bab Qabulus Sadaqah 3/85-86). Imam An-Nawawi berkata bahwa yang dimaksud lama bepergian dalam rangka beribadah kepada Allah seperti haji, ziarah, bersilaturrahmi dan yang lainnya. Pada zaman sekarang ini berapa banyak orang yang mengkonsumsi makanan, minuman dan pakaian yang haram baik dari harta riba, perjudian atau harta suap yang yang lainnya. (HR Muslim 7/100).

      Untuk Mbak Wi3nd :
      Sebaiknya membeli makanan, dari tempat yang bisa di percaya, dan yang tidak menjual makanan yang tidak halal atau dari resturant yang sudah mendapat sertifikat halal dari MUI.

      Untuk Bapak Abifasya : saya belum pernah membaca kisah Ibrahim bin Adham, terima kasih atas infonya, InsyaAllah, nanti akan saya cari.

      Untuk : kiraitomy :
      Berdoa/meminta kepada Allah, adalah sarana bagi kita untuk memohon sepenuh hati kepada Allah SWT, mengharap kebaikan-Nya, agar Ia mengabulkan sesuatu yang kita kehendaki. Doa juga merupakan tuntunan agama serta alat menjalin komunikasi langsung antara hamba dan Sang Pencipta. Dalam berdoa, syarat terpenting adalah kesucian hati dan keikhlasan. Karena itu berdoa sebaiknya tak hanya lewat mulut saja, namun hati dan jiwa harus terkonsentrasi hanya kepada Allah SWT. Doa merupakan ibadah yang sangat penting. Perhatikan Sabda Nabi Muhammad SAW berikut ini: ”Doa adalah otak ibadah” (HR. Bukhari dan at Tirmidzi).

      Untuk teman-teman yg lain, InsyaAllah, seperti biasanya, saya akan langsung mengunjungi blog teman-teman. Terima kasih.

      (Dewi Yana)

      Balas

  10. Terima kasih atas pencerahannya mbak….!!!
    Saya akui saya termasuk yang diatas…!!!
    semoga dengan adanya pencerahan ini saya lebih khusuk dalam berdo’a, lebih patuh dan taat dengan perintah Allah…Amin

    Balas

  11. Saya sependapat dengan apa yang Anda uraikan. Tidak semua doa langsung diijabah, semuanya melalui proses, jika belum diijabah berarti Allah sayang kepada kita, karena bila langsung diijabah, mungkin saja kita malah melupakannya. Artikel Anda benar-benar penuh pencerahan, saya sangat tertarik untuk menautkan blog Anda di blogroll blog saya, jika Anda berkenan, Anda pun bisa memberi tautan balik pada blog pembelajaran saya.

    Balas

  12. kalangan.bawah@gmail.com
    Salam Sahabatku….
    Kunjungan perdana, salam kenal aja dulu…
    Maaf, saya memang hanya mantan manusia bejat, tapi sumpah, saya sudah benar-benar insyaf.
    Satu yg membuat saya yakin bahwa saya pasti bisa berubah menjadi orang yg lebih baik, yaitu Kuasa Alloh. Nothing Impossible, ndak ada yg ndak mungkin.
    Selama kita mau berusaha, pasti jalan untuk itu akan terbuka.
    Maka dari itulah kali ini saya akan berbagi sedikit kisah hidup saya selama masa transisi itu, kalo sahabatku berkenan, saya tunggu motivasinya buat saya di Mantan Copet Itu Akhirnya Jadi Seorang Pengusaha.

    Trimakasih Sahabatku.
    Salam.

    Balas

  13. Posted by cantigi™ on 1 September 2009 at 09:04

    wa alaikum salam, makasih ya udah ke cantigi.
    artikelnya bagus, understandable. sesungguhnya hanya Allah Yang Maha Sempurna… ^_^

    Balas

  14. teh,sual makanan itu?
    klu makanan yan9 kita masak sendiri pasti tau bahwa ituh halal,lalu ba9aimana den9an pemberian ato kita membeli diwarun9?

    aku ajdi berfikir tentan9 makanan yan9 dimakan neeh🙄
    makasi teh🙂

    Balas

  15. kenapa sih kita harus terus meminta pada Tuhan,?

    Balas

  16. Allah Maha Tahu, hanya kepaNya kita bermohon.Cepat atau lambat insyaAllah Doa kita akan dikabulkan

    Balas

  17. Pantes saya berdo’a semoga cepet pulang nggak terkabul..
    baru terkabul hari ini *amin*
    pulang tanggal 17.
    Gpp wes daripada nggak pulang

    Balas

  18. Assalamu’alaikum mba….
    Allah maha baik ya mb??? krn dia lah yg maha mujib (maha mengabulkan)
    belum tentu yg kita anggap baik, itu baik untuk kita, begitupun sebaliknya….
    Subahanallah…..
    I LOVE ALLAH🙂

    oh iya mba.. saya domisili di MATARAM, sebuah kota kecil di pulau kecil (pulau lombok) termasuk dalam propinsi Nusa Tenggara Barat.
    hayoo mba kapan rencana maen ke lombok hehe…. ^^

    Balas

  19. jika, do’a yang kita panjatkan belum juga terkabul.
    kuncinya, sabar dan berprasangka baik atas segala kehendak Allah.
    insyaallah ikhlaslah yang kan terlahir.

    Balas

  20. Allah maha tahu yang terbaik bagi kita…
    Jadi, tunggu aja waktu yg tepat, pasti Allah akan mengabulkannya

    Balas

  21. diijabah atau tidak, Allah tahu yang terbaik buat kita😀

    Balas

  22. Mungkin kualitas Taqwa saya masih jauh banget, ibadah saya pun masih jauh dari kata sempurna… kelemahan saya masih banyak, dan dosa saya juga begitu bertumpuk…
    Mungkin saya harus memperbaiki diri saya dulu baru do’a saya akan di kabulkan oleh-Nya…

    Balas

  23. assalamualaikum dik
    thanks ya puasa-puasa sudah posting hal yang manfaat
    maju terus ya dik

    Balas

  24. Intinya kita jangan hanya tahu hak tetapi juga tahu kewajiban. Memang Tuhan sudah berjanji akan mengabulkan doa kita, tetapi kita juga harus memenuhi janji kita kepada Tuhan.
    Terima kasih atas pencerahannya.
    Salam dari Surabaya

    Balas

  25. Berusaha dan Berdoa.. seperti anak kembar yang tidak bisa dipisah-pisahkan. Dan jangan lupa menunaikan kewajiban sebagai umatNya..
    Salam Hangat
    C.U

    Balas

  26. artikel yg sngat bermanfaat, Allah belum mengabulkan bukan brarti tidak sayang sama kita tpi stidaknya dia memberikan kesempatan kepada kita utk berusaha dan lebih khusyu berdoanya.

    Balas

  27. kenapa ga dikabulkan… karena manusia tak akan merasa puas dengan apa yang di dapatnya. coba anda sebagai manusia selalu bersyukur. dan tak pernah meminta. kebahagiaan akan selalu datang.

    Balas

  28. doa pasti dikabulkan.
    hanya kapan dan berupa apa, kita belum tahu.

    Balas

  29. wah bagus..terima kasih jawabannya..nice pokoknya..sukron..monggo kalau mau tukeran link…met puasa

    Balas

  30. whuaa mbaaa……… suprise banget dengernya, cakra negara kan deket dng tempat sy mba..???

    hoho ga nyangka………

    tapi aneh ya mb? pas semasa mb dewi ada dilombok kita malah ga kenal, nah pas mb uda pindah ke tangerang malah kita ketemunya disini……😆

    ada rencana ke lombok lagi mb??🙂

    Balas

  31. Menarik… coba kita renungkan. ketika kita memperhitungkan keterkabulan do’a itu menunjukkah do’a kita memeiliki radius pendek (duniawi semata). Karena jika do’a kita berorientasi jangka panjang, maka kita tidak tahu apakah ia terkabul atau tidak. karena kita hanya melihatnya di akhirat nanti.

    Balas

  32. Assalamualaikum Ukhti,

    membaca ini benar2 mengingatkan sekali. Ternyata manusia itu hidup sudah banyak dikasih sama Allah tapi masih sering komplian ya (jadi suka malu sendiri).
    Saya juga masih belajar supaya tambah yakin kalo setiap doa yang dipanjatkan pasti dikabulkan, mungkin kalo bukan saya yang ngerasain nanti anak keturunan saya, amiin.
    Terimakasih untuk berbagi. Semoga berkah buat kita semua.

    Balas

    • Assalamu’alaikum,
      Pak Riesurya, saya sudah coba membalas komentar secara langsung di blog Bapak, tapi saat mau memposting komentar, tidak bisa, saya klik Cntrl + enter juga tdk mau terkirim komentarnya, apadahal semua sudah saya ikuti. Terima kasih atas komentarnya.

      Untuk semua teman-teman yang lain, terima kasih atas komentarnya, semua komentar yg teman-teman berikan sangat bagus, saya sangat berterima kasih dan sangat menghargai komentar yang teman-teman berikan. InsyaAllah seperti biasanya, saya akan langsung mengunjungi blog teman-teman.

      (Dewi Yana)

      Balas

      • maaf ukhti,
        blog commentnya lagi dalam mode moderated. terimakasih atas masukannya. nanti saya cek lagi. maklum tools free , dan sudah dimodif lagi (baca: kadang bisa bongkar gak bisa pasang 😀 )

  33. saya sepakat dgn mbak…..
    memang syarat2 utk berdoa itu penting….tapi yg tidak harus dilupakan adalah Allah maha tahu, bahkan sebelum kita ucapkan doanya pun Allah sudah tahu keinginan kita, saya kira ini hanya masalah keikhlasan kita dlm berdoa dan kemaslahatannya bagi kita dan orang lain…biarlah Allah yg menentukan yg terbaik buat kita…kalau dikabulkan yaa sukur kalo nggak, mungkin ini bukan yg terbaik buat kita dan org lain…pasti Allah mengganti dgn yg lebih baik

    Balas

  34. assalamualaikum dewi,
    blog yang menarik, penuh pengajaran.
    harap terus menulis.
    minta izin copy artikel dewi kira perlu untuk di muatkan dalam blog saya.
    dijemput ke askamakalikada.blogspot.com
    harap juga sudi menjadi follower dan linkan dalam blog dewi.
    sekian.

    Balas

  35. Kita harus selalu khusnuzon pada Allah (demikian ustadz saya pernah bilang).
    Allah pasti empunyai rencana yang terbaik buat kita.

    Terima kasih atas pencerahannya.

    Balas

  36. HEHEHE.. TANYALAH KE DALAM DIRIMU APAKAH ENGKAU YAKIN ALLAH ITU MAHA DARI SEKIAN MAHA.. MAHA PENGASIH.. MAHA PENYAYANG.. MAHA PEMELIHARA.. MAHA MAHA SEKIAN MAHA.. JIKA KAMU YAKIN DIA ADALAH MAHA MAHA SEKIAN MAHA.. MENGAPA ENGKAU MASIH MEMINTA DUNIA YANG DIJAMINNYA.. MENGAPA ENGKAU MASIH MERATAP AKAN SEMUA ITU.. APAKAH KAMU TIDAK MALU.. TETAPI MOHONLAH SESUATU YANG BELUM DIJAMINNYA.. KESELAMATAN.. HUUBBB KEDEKATAN.. MAHABAH CINTA.. MOHONLAH DALAM LA HWALLA WALLA QUWATA.. SELANJUTNYA SEMBAH AGUNGKAN PUJA DIA DALAM PENYEMBAHAN CINTA
    SALAM SAYANG
    I LOVE U FULLLLLLLLL

    Balas

  37. Posted by KangBoed on 2 September 2009 at 01:16

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    Balas

  38. nes pos..
    salam kenal😀

    Balas

  39. Memang ketika kita berdoa kita ingin agar doa kita langsung dikabulkan.namun Allah berkehendak lain.disinilah letakk kesabaran diuji. dan moga doa kita di terima oleh Allah . amien

    Balas

  40. Allah lebih tahu mengapa doa kita dikabulkan sekarang atau nanti.

    Tapi sungguh terlalu kalau manusia tidak pernah berdoa hanya karena merasa memiliki segala-galanya. Berdoa adalah cara manusia luhur untuk mengingat Sang Pencipta, cara untuk membunuh sombong dan takabur.

    makasih mba sudah diingatkan.

    -iip-

    Balas

  41. Allah tahu yang terbaik buat kita dan akan mengabulkan doa kita tepat pada waktunya amiin Insya Allah

    Balas

  42. siyap mba!!…. di tunggu kedatangannya….
    dengernya aja uda seneng apalagi klo terwujud hehe…..

    salam sayang juga dari lombok island mb ^_^

    mmmuach….🙂

    Balas

  43. iya betul, kita tidak boleh protes jika doa kita blm di kabulkan karena boleh jadi doa kita di tunda oleh ALLAH, di tunda di dunia tapi untuk di akhirat. dan doa yang tertunda juga karena ALLAH blm mengijinkan nya dan karena doanya blm khusuk

    Iklan Gratis

    Balas

  44. apa yang baik menurut kita belum tentu baik menurut-Nya..
    apa yang buruk menurut kuta belum tentu buruk menurut-Nya..
    semoga kita menjadi orang-orang yang sabar…

    Balas

  45. Berbahagialah orang-orang yang dikabulkan do’anya ….

    Balas

  46. haddirrr…………

    malem mengunjungi sahabat… semoga kebahagiaan selalu menyertaimu sahabat…

    hhmmm… terima kasih mbak dewi… postingan ini Insya Alloh akan menuntun orang berbaik sangka kepada Alloh🙂
    yg pasti, Dikabulkan atau tidak doa2 kita, Alloh selalu memberikan yang terbaik untuk kita…🙂

    cu…

    Balas

  47. belum waktunya mungkin kalau tidak terkabul🙂

    Balas

  48. belum dikabulkannya doa, pasti Allah sudah mempersiapkan skenario lain agar manusia tak pernah gampang menyerah.

    Balas

  49. Assalamuallaikum wr wb,
    Ini kali pertama saya berkunjung.
    Senang dan damai terasa. Mudahan pencerahan ini akan membuat ilmu saya bertambah dan dapat diamalkan. Amin
    Salam kenal Mbak.

    Wasalam

    Balas

  50. Sepakat dengan pak Sawali dan yang jelas ada hikmah yang belum kita ketahui dibalik belum dikabulkannya doa kita

    Balas

  51. Subhanallah………………

    Balas

  52. Subhanallah….
    blognya bagus mba… meyejukkan

    btw linknya sudah sy add

    Balas

  53. Makasih sudah mampir ke blog saya.
    Wah, semua tulisannya tentang pencerahan ya?.
    Sukses buat JDB…

    Balas

  54. wa’alaikumussalam…
    makasi yah…..

    salam kenal…
    wah, blog nya bagus yah
    mau dunk belajar sama Yana…

    gimana caranya, nambahin pilihan BALAS di koment kayak gt yana

    Balas

  55. wa’alaikumussalam…
    makasi yah…..

    salam kenal…
    wah, blog nya bagus yah
    mau dunk belajar sama Yana…

    gimana caranya, nambahin pilihan BALAS di koment kayak gt yana

    oya, bole minta YM nya gak?

    Balas

  56. alhamdulillah akhirnya menemukan blog yang saya cari seperti ini ..
    ijin bookmark dulu ya mba .. benar2 blog yang memberi pencerahan ..
    blog ini akan sangat bermanfaat bagi banyak orang .. saya bantu sebarkan deh nanti mba😉

    Balas

  57. Sebentar lagi sahur…, do’aku ternyata belum juga dikabulkan oleh Allah SWT.
    Allah memang Maha Pemberi, tetapi Allah juga punya aturan yang harus kita taati. Jangan mentang-mentang Allah Maha Pemberi lantas kita meminta semau dan seenaknya saja. Jangan menyalahkan Allah jika doa kita belum dikabulkan. Tetapi coba kita instropeksi diri, sudah benarkah caranya ? wajarkah permintaan yang terkandung dalam do’a kita ? kalau tidak dikabulkan oleh Allah seperti yang kita kehendaki, coba kita renungkan, mungkin do’a sudah dikabulkan tetapi oleh Allah di substitusikan. Ini yang sering tidak kita sadari, maaf mbak ini versi saya loh….

    Balas

  58. Posted by Dono. on 5 September 2009 at 13:40

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Doa muslim dan muslimah sebenarnya sudah dikabulkan oleh Allah tanpa kita sadari,
    Allah telah menunjukkan kita kejalan yg lurus yaitu jalan-jalan orang-orang yg di beri petunjuk dan bukan jalan yg dimurkai dan dilaknati.

    Wassalam wr.wb,
    Dono.

    Balas

  59. Setuju banget, mbak…Doa itu sangat penting, tapi seringkali kita merasa doa belum juga di jawab. Menurut saya, doa itu harus di dukung dari amal dan perbuatan kita. Jika kita belum bertobat dan masih sering melakukan perbuatan2 yang tidak di sukai oleh Allah, sebanyak apapun kita berdoa pasti tidak akan di kabulkan. Salam….

    Balas

  60. Assalamualaikum..
    kunjungan kedua ke blog JDB..hehehe
    semoga silaturahmi bisa tetap terjaga..
    salam rimba raya lestari

    Balas

  61. Posted by kris on 6 September 2009 at 13:22

    Jangan berputus asa. Mungkin Allah menunda doa kita. Akan dikabulkan esok hari, lusa, tahun depan, atau malah menggantinya dengan kenikmatan surga. Yang pasti jangan putus-putus berdoa…

    Balas

  62. betul sekali dewi,,tdk ketinggalan jg,,klo kita sering membantu org lain dlm arti sedekah jg sangat membantu ke terkabulnya doa…
    tp ya,,itu segala maksiat jg hrs dihindari..
    makasih ..artikel yg sangat berarti

    Balas

  63. hal seperti di atas, terkadang sudah banyak di lupakan orang tentang adab doa, mengapa dan kenapa,, bagus info na..

    Balas

  64. Pertanyaan yg susah dijawab. Tapi patut untuk kita renungkan…

    Balas

  65. Artikel yang sangat menarik mbak, thanks ya.
    By the way, bg tmen2 yg butuh ribuan backlink murah permanen hanya dg Rp.30ribu kunjungi kami. Thanks ya

    Balas

  66. hai.. link kamu sudah kupasang di blog ku.. link balik ya.. thanks..

    Balas

  67. Different fields of people’s life take lots of time, therefore why should you waste free time for term paper format creating? It will be greater to utilize some famous custom classification essays service to buy the analysis essay at, I think so.

    Balas

  68. When some people are stuck with essay topic accomplishing, hence I would recommend to buy essay paper at some professional essay writing service in such situation.

    Balas

  69. Salam kenal.
    Mau tanya, bagaimana sob doa yang terbaik….kadang bingung mau doa apa, karena merasa Dia telah memberikan kepada kita demikian banyak…. tks.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: