ALLAH SWT MAHA PENGAMPUN

Pernahkah teman-teman merasa bersalah terhadap Allah Swt karena telah tidak tabah atau tidak lulus dengan ujian yang diberikan-Nya? Atau pernahkah teman-teman merasa bersalah kepada Allah Swt karena telah berbuat suatu kesalahan atau dosa? Yang mana semua kesalahan dan dosa tersebut menyebabkan hati kita jadi tidak tenang dan pikiran kita sepertinya tertutup. Dan yang sangat menyedihkan adalah, dimana kita jadi tidak bisa lagi merasakan indah dan bahagianya dekat dengan Allah.  Kemudian kita akan merasa cemas dan takut, kalau-kalau Allah Swt mencabut kenikmatan dekat dengan-Nya dan mencabut cinta dalam hati kita pada-Nya?.

Bagi yang pernah mengalaminya, segeralah bertaubat dengan sungguh-sungguh taubat. Mengakui dengan jujur dan menyesal betapa kita telah menzalimi diri kita dengan semua kesalahan yang kita lakukan.  Bila kita melakukan hal tersebut, InsyaAllah dalam shalat kita, Allah Swt yang Maha Pengampun, akan memberikan kita jawaban yang menenangkan hati kita.

Dimana secara tiba-tiba dalam shalat taubat dan atau tahajut yang kita lakukan, saat kita memohon ampunan-Nya, akan terpikir oleh kita sebuah firman-Nya, yang sungguh seperti jawaban atas permohonan ampunan yang kita mohonkan  pada-Nya, dimana sebelumnya ayat tersebut tidak pernah terlintas dalam benak kita, tiba-tiba kita ingat akan ayat tersebut dan bisa menenangkan hati kita, ayatnya sebagai berikut : “Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Az Zumar ayat 53).

Kita akan temukan betapa Allah Swt Maha Pengampun dan Maha Penyayang, seperti yang banyak tertulis dalam firman-Nya, di beberapa surah  :

  1. “…..karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya, Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya).” (QS. Huud : 61)
  2. “…….Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Muzzammil : 20)
    ”…….Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nuur : 62)
  3. (yaitu) beberapa derajat dari pada-Nya, ampunan serta rahmat. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS.  An Nisaa’ :96)

Kita sering kali melakukan kesalahan dan dosa dalam hidup kita, baik itu kesalahan/dosa kecil atau besar.  Seandainya tidak ada rahmat Kemurahan Karunia dan Ampunan dari Allah, tentunya tidak akan ada seorang manusiapun yang selamat dari dosa.

Beruntunglah kita, karena ampunan, rahmat dan kasih sayang Allah kepada semua hamba-Nya teramat sangat luas dan tidak terbatas. Saya ingat membaca di Al Hikam, Ibn Athaillah al-Sakandari, Yahya bin Mu’aadz ra berkata : “Jika Allah menggunakan keadilan-Nya, niscahya tidak berarti segala amal kebaikan dan bila Allah menghadapi kita dengan kurnia-nya, maka tidak ada artinya segala dosa.”

Allah Swt Maha Pengampun, seberapa banyakpun dosa dan maksiat yang sudah kita lakukan, Allah Swt selalu berkenan mengampuni kita dan Allah Swt selalu menunggu kita untuk kembali kepada-Nya dan Allah Swt sangat mencintai hamba-Nya yang kembali kepada-Nya. Dalam sebuah hadits qudsi Allah berfirman : “Jika hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku sejengkal, Aku akan mendekatinya satu hasta. Jika ia mendekatkan diri kepada-Ku satu hasta, Aku mendekatinya satu depa. Dan jika ia mendatangiku dengan berjalan, Aku mendatanginya dengan berlari”. (HR.Muslim)

Dengan kita menyadari dan menyesali kesalahan yang sudah kita perbuat, kemudian kita sungguh-sungguh bertaubat dan berusaha memperbaiki kesalahan kita, maka Allah dengan Kemurahan dan Keluasaan Kasih Sayang-Nya, akan membantu kita, menutupi kekurangan kita dengan karunia-Nya.  Jadi bagi siapa saja yang telah melakukan perbuatan dosa, jangan bekecil hati, SEGERALAH BERTAUBAT DENGAN TAUBAT YANG SEBENAR-BENARNYA jangan putus asa dari rahmat ampunan Allah. Ingatlah, bahwa betapa Luas dan Tidak Terbatasnya Rahmat Ampunan Allah Swt untuk kita semua.

Dewi Yana

https://jalandakwahbersama.wordpress.com

59 responses to this post.

  1. Salam Takzim
    Menyuarakan Sumpah memang sudah seharusnya untuk menyatukan yang terserak, dan menghimpun yang berbeda bahasa dalam bahasa Indonesia
    Salam Takzim Pemudi Indonesia

    Balas

  2. Allah Maha Pengampun, sayangnya seringkali kita enggan memohon ampun… Ya Rabbi, ampunilah dosa hamba…

    Balas

  3. Menurut orang bijak, di dunia ini tidak ada orang yg salah selama manusia masih mau bertobat.
    Salam kenal dan hangat.

    Balas

  4. Assalamu’alaikum…
    lama tidak berkunjung…saya koment dulu ya, terus mau lihat2 dulu isi rumah dgn desain baru ini…

    Balas

  5. Posted by Dangstars on 28 Oktober 2009 at 18:03

    Artikel yang menggugah..
    Setiap selepas Shalat saya selalu minta ampun..
    Terimakasih mengingatkan

    Balas

  6. Ya Ghafar- Ya Ghofur, Maha Pengampun dari segala dosa, namun sering kita malas minta ampunan dan selalu jatuh pada kesalahan yang sama, Astaghfirullah

    Balas

  7. Assalamulaikum,
    Maaf Mbak saya nggak akan mengomentari artikelnya, soalnya udah saya copas *jangan marah*, saya cuma mau bilang ada salam dari putri saya yang kecil, kenapa saya memanggil mbak Yana dengan sebutan mbak, menurut dia mbak Yana sangat pintar menulis padahal masih kecil ( dia lihat avatar-nya mbak Yana ).
    Salam.

    Balas

  8. Assalamualaikum Mbak Yana
    Sudah lama tak bersua di dunia maya…!
    “Sudah Saatnya Kita mohon ampunan ke Alllah SWT atas kehilapan yang sudah dibuat.”
    Salam

    Balas

  9. Ampunan Allah tiada batas, walau begitu kita manusia kadang enggan untuk memohon ampun kepada-Nya.
    Semoga kita termasuk orang-orang yg selalu ada dalam lindungan-Nya. AMin.

    Balas

  10. Waduh rasanya sering sekali kita berbuat salah dan dosa ya… kita pun sering beristigfar dan memohon ampun… tapi duh gusti … kok sering di ualng2 lagi ya… astagfirullah al Adziiim…

    Balas

  11. Salam. Yang nggak pernah minta maaf adalah orang yang sombong. Yang pernah minta maaf tapi mengulangi lagi kesalahannya, itu orang yang bohong.
    “Sesungguhnya orang yang benar-benar percaya kepada ayat-ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat itu mereka segera bersujud seraya bertasbih dan memuji Rabbnya, dan lagi pula mereka tidaklah sombong.” (QS. As Sajdah, 32:15).

    Balas

  12. Salam Takzim
    Berkunjung disaat teh hangat sedang dinikmati bersama secerca harapan semoga Ibu dalam kesehatan yang hakiki
    Salam Takzim Batavusqu

    Balas

  13. Assalamu’alaikum

    Mba Dewi bila berkenan untuk menjadi kontributor di http://blogger.bangunnegeri.com

    bisa berupa repost dr blog Mba atawa yg lainnya ..

    Hatur terimakasih

    a.k.a. Kopral Cepot

    Balas

  14. Tulisan yang bagus, Allah SWT memang Maha Pengampun. Mari kita berdoa : Wahai Tuhan, kami telah menganiaya diri kami sendiri, jika Engkau tidak mengampuni dan tidak menyayangi kami, pastilah kami termasuk golongan orang-orang yang merugi. (Al Quran surah Al A’raf : 23).
    http://budisan59.wordpress.com

    Balas

  15. Waw bagus, dapet pencerahan yang banyak disini

    Balas

  16. pernah teh,[ernah merasakan **jujur ban9ed yah..

    iyah ALLAH maha pen9ampun dan maha baik..
    makasi teh🙂

    Balas

  17. Alhamdulillah..akhirnya ada artikel juga..setelah sekian lama vakum…

    Balas

  18. Assalamu’alaikum,
    Ya Allah.. curahkanlah hujan rakhmat dan hidayahmu kepada kami, agar hati kami tergetar untuk bertaubat, memohon ampunanMU.
    Wassalam, makasih atas kunjungannya.

    Balas

  19. Kunjungan malam Mba Dewi😀

    Balas

  20. wah komen ku ga tampil:mrgreen: masuk spam kali ya mba Dewi🙄

    tapi saya selalu menyukai tulisan-tulisan mba Dewi selalu membawa pencerahan bukan untuk sekedar dibaca, akan tetapi juga berkaca untukku. Terima kasih Mba sudah banyak mengingatkan khususnya aku😀

    -salam- ^_^

    Balas

  21. Posted by intan1 on 30 Oktober 2009 at 09:49

    Kapan ya, blogku bisa spt blognya Mbak, tadi aku cek, pagerank-ku masih kosong. Mbak hebat udah pagerank 3. (tapi wajar aja kalu blogku belum ada pageranknya, krn msh baru n jarang di update, abis bingung mau nulis apa, aku ngga bisa nulis). Mbak, aku ke gramedia PIM, tapi buku Mbak yg baru kok belum ada ya? trus buku2 Mbak yg lain, katanya habis, belum datang lagi dan udah banyak yg tanyain, wah, berarti laku banget ya, sukses selalu ya Mbak..

    Balas

  22. Sesungguhnya kuhanya ingin dicintai… tak ingin dibenci… namun memang tak akan dibenci, bila kumencintai… dengan sepenuh hati… Hanyalah Allah, yang Maha Pengasih dan Penyayang…

    Balas

  23. allahu akbar…allahu akbar…allahu akbar

    Balas

  24. mampir sehabis jumatan… banyak hikmah di sini
    menuai kebaikan dan kebajikan…
    mengharap ampunan dari Allah

    Balas

  25. Allah senang dengan orang orang yang berbuat kesalahan tapi bersegera menuju taubatnya semoga. kita semua dilindungi Allah dan semoga mampu selalu untuk bersegera menuju ampunannya

    Balas

  26. Makasih pencerahanya mba’…?

    Balas

  27. sebagai manusia yang tak pernah luput dari kealpaan, pastinya juga tak luput dari dosa…
    sebagai manusia juga yang punya sifat lupa, kadangkala kita “lupa” kalau sudah bertobat…
    ingat lagi ketika kita melakukan dosa yang sama…
    masih bolehkah kita bertobat untuk kesekian kalinya?

    Balas

  28. salam
    Allah maha pengampun, sepakat!!!
    tapi terkadang hati kita mengingkarinnya, kenapa? karena dalam hatinya masih ada rasa kebencian.
    mudah-mudahan kita termasuk yang di ampuni oleh Tuhan.

    sang pelembut hati

    Balas

  29. Posted by Siti Fatimah Ahmad on 30 Oktober 2009 at 18:30

    Assalaamu’alaikum

    Apa khabar Dewi ? Seakan terputus jalinan kita.. kenapa ya.. hadir hari ini kerana hati saya berat mengingatkan Dewi di sana… ya setelah melihat senarai nama sahabat di link… mata ini melekat ke nama Dewi, lalu rasanya ada kerinduan berpindah di hati. Maaf kalau saya yang selalu lambat hadir ke laman Dewi.

    Ingin sekali memiliki buku Dewi “Cukuplah Allah”, bagaimana saya boleh mendapatkannya? Saya juga banyak mempunyai koleksi buku penulis Indonesia. Saya dapat memahami penulisan dan bahasanya setelah sering berinteraksi dengan teman-teman blogger dari Indonesia. Mohon maaf kalau ada silap yang tidak disadari. Salam rindu dan mesra selalu dari saya di Malasyia.

    Balas

  30. Posted by nidauljannah on 30 Oktober 2009 at 20:45

    Assalamu’alaikum.
    Subhanallah, syukron umi atas nasehat yg bgitu bermanfaat (khususnya bagi ana). sungguh betapa hinanya kita yg selalu melakukan banyak dosa & ma’siat. tetapi Allah maha pengampun & maha penerima taubat hamba2Nya yg mau bertaubat dng sungguh2.
    Betapa besar kasih sayang yg diberikan Allah kpd kita. renungkan & simaklah dlm hati firman Allah dlm hadits Qudsi berikut.

    Dari Anas radhiallahu ‘anhu, ia berkata : Saya telah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda : Allah ta’ala telah berfirman :

    “Wahai anak Adam, selagi engkau meminta dan berharap kepada-Ku, maka Aku akan mengampuni dosamu dan Aku tidak pedulikan lagi. Wahai anak Adam, walaupun dosamu sampai setinggi langit, bila engkau mohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku memberi ampun kepadamu. Wahai anak Adam, jika engkau menemui Aku dengan membawa dosa sebanyak isi bumi, tetapi engkau tiada menyekutukan sesuatu dengan Aku, niscaya Aku datang kepadamu dengan (memberi) ampunan sepenuh bumi pula”. (HR. Tirmidzi, Hadits hasan shahih)

    kita berdo’a semoga Allah memberikan kepada kita Taufiq & hidayah agar kita termasuk kedalam golongan hamba2Nya yg senantiasa beristighfar dan bertaubat kepadaNya. Amiiin…

    Balas

  31. aslkmwrwb,
    mbak Dwi, postingan ini adalah bagian dari pencerahan untuk saya.
    saya dapat refreshment disini, dan semoga Allah selalu membukakan RahmatNya untuk mbak, atas tiap tulisan yang baik di blog ini, amin🙂

    Balas

  32. salam kenal😀

    Balas

  33. Assalamu’alaikum mbaa…
    ma’af baru mampir… dua bulan trakhir ini konecsi saya kurang lancar..
    jadi berusaha update seadanya dan dangkal…
    ingin bercerita bnyk tapi bingung juga krn ga bisa disusun mudah dan baik….

    terimakasi mba krn selalu bisa berbagi disni.. semoga Allah selalu melimpahkan karunia dan rahmat NYA untuk mba dewi dan klrg, AMIN.

    Balas

  34. Mudahan dosa kita diampuni

    Balas

  35. Posted by batjoe on 1 November 2009 at 03:22

    ehm..
    lagi-lagi tulisan yang sangat indah……

    Balas

  36. Posted by batjoe on 1 November 2009 at 03:23

    jangan putus asa dari rahmat ampunan Allah. Ingatlah, bahwa betapa Luas dan Tidak Terbatasnya Rahmat Ampunan Allah Swt untuk kita semua.

    kata-kata yang sangat membangun jiwa….
    dan saya percaya ALLAH SANGAT-SANGAT PEMAAF KEPADA HAMBANYA

    Balas

  37. Titip Pesan : Ayo Senin Besok Kita Pakai Baju Hitam Semua Untuk Dukung Cicak Melawan Buaya http://ruanghati.com/2009/11/01/ayo-senin-besok-kita-pakai-baju-hitam-untuk-dukung-cicak-lawan-buaya/

    Balas

  38. Iya mba dewi…..saya memberikannya gratis untuk anda dan boleh pilih http://blog.herfia.com atau http://lebah.herfia.com boleh pilih salah satu di antara dua tersebut. Keduanya menggunakan drupal bila mba dewi belum familira dengan drupal nanti saya kasih tahu atau bila menginginkan wordpress saya juga bisa merubahnya menjadi wordpress dengan theme yg nantinya akan saya buat khusus.

    Balas

    • Assalamu’alaikum,
      Alhamdulillah, terima kasih Pak, semoga Allah SWT membalas kebaikan Bapak dengan kebaikan yang berlipat ganda, amin. Saya sudah lihat keduanya dan saya memilih, http://lebah.herfia.com tapi mohon maaf, tolong diubah menjadi wordpress ya, karena saya nggak paham sama sekali Drupal, nanti saya kirim email ke Bapak ya… dan mohon agar cara penggunaan dan lain-lainnya di email ke saya. (Dewi Yana)

      Balas

      • Benar Mas, mbak saya tuh nggak ngerti yang namanya drupal, joomla atau yang lainnya. Tahunya cuma wordpress.com doang. Mohon berbaik hati untuk mengubah menjadi wordpress. Walaupun saya sadari bahwa banyak ahli CMS yang menyarankan menggunakan Drupal. Tetapi wordpress lebih simpel yang lebih mudah dipahami bagi yang awam kayak mbak saya. Makasih banyak udah membantu.

  39. Klik Ikon Yahoo Messenger untuk chat pada web saya dan mba akan terhubung chatting dengan saya, chat akan aktif bila mba juga menjalankan program yahoo messenger.

    Balas

  40. Selalu saya berdo’a dan mohon ampun pada Tuhan Yang Maha Esa, ^_^…V

    Balas

  41. Assalamulaikum,
    Permintaan mbak Dewi agar posting foto keluarga belum dapat saya penuhi, blog Indo Hijau terserang Tsunami dan rusak berat. Semua postingan dan komentar hilang tak berbekas. Saat ini saya masih minta bantuan http://www.deka.we.id untuk membetulkannya.
    Sekali lagi saya mohon maaf.
    Salam.

    Balas

  42. kunjungan silaturahim ke blog yg penuh kesejukkan.

    Balas

  43. Setiap hari kita mungkin secara tak sadar dan sadar sering mendolimi diri sendiri dengan melakukan sesuatu yang bertentangan dengan yang Allah perintahkan kepada kita, dan Maha Pemurahnya Allah karena Dia masih saja memberikan kita kesehatan lidah sehungga kita masih bisa merasakan makanan yang lezat, kita masih gratis menghirup udara dll….tak merasa malukah kita? Jika kita tak merasa malu, ada yang harus dipertanyanyakan dalam diri kita…bagaimana kondisi hati kita hari ini?

    Balas

  44. Kadang-kadang orang itu melakukan lagi perbuatan dosa, padahal sebelumnya sudah bertobat.

    Balas

  45. Assalamu’alaikum,

    Allah Maha Pengampun. Kata-kata itu kadang dijadikan alasan orang-orang tertentu untuk mengulangi kesalahan dengan dalih bahwa Allah akan mengampuninya. Hal ini harus betul-betul disajikan dengan sangat hati-hati oleh para ustad di masjid-masjid.atau pengajian.
    Terima kasih mbak. Sekali lagi saya mohon izin bila sewaktu-waktu menggunakan tullisan-tulisan mbak sebagai bahan pelajaran.

    Wassalamu’alaikum.

    Balas

  46. Sangat percaya Allah SWT itu Maha Pengampun .. alhamdulillah ..
    mengingat dosa yang banyak, rasanya kl bukan karena ampunannya pastilah tidak sanggup memikulnya ..

    Cara Membuat Website

    Balas

  47. syukron sudah mengingatkan … alangkah lebih nikmatnya kalau kita bisa bertaubat setiap hari karena dosa yang kita lakukan pasti juga setiap hari.

    Balas

  48. Artikel ini benar2 bikin saya tergugah… selama ini saya selalu mengulang kesalahan/dosa yang sama… hm… salam kenal yah… mampir.. http://tuxlin.wordpress.com

    Balas

  49. Posted by Mario Gradia Rg.S. on 13 November 2009 at 11:56

    Hmm …

    Bagus …. dan Salam kenal buat semua …

    Harapannya semua bisa dilakukan …..

    Salam Rahayu

    Balas

  50. Posted by teguh pribadi on 11 Januari 2010 at 17:51

    alhamdulillah….semoga saya bisa……bismillah..

    Balas

  51. Posted by eva on 12 Juni 2012 at 22:34

    Sy mempunyai banyak dosa dan merasa kecil hati, krn dosa sy menzalimi org lain, setelah membaca artikel ini sy mulai mendapat harapan utk bs mendapat ampunan dari Allah melalui taubat, Insya Allah. Terima kasih atas motivasinya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: