Bunuh Diri

Sebagai hamba Allah secara fitrah kita memiliki kelebihan dan kekurangan, manusia membutuhkan sejumlah hal baru, dalam meraihnya seseorang dapat mengalami keberhasilan atau kegagalan. Kalau berhasil, tidak masalah, namun kalau gagal? Ada dari kita yang bila sampai pada titik kegagalan dalam usaha atau hidupnya, maka ia  akan merasakan takut dan kecemasan yang berlebihan, kepanikan, kebingungan dan putus asa, karena merasa sudah tidak sanggup lagi menanggung semuanya.  Ini yang kadang membuat seseorang mengambil jalan pintas yang dia pikir dapat menyelesaikan masalahnya, yaitu mengakhiri hidup atau bunuh diri.

Akhir-akhir ini, sering kita lihat dan dengar berita di media masa tentang orang bunuh diri. Mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri adalah perbuatan dosa besar, dan neraka adalah ganjarannya. Perhatikan sabda Rasulullah Saw berikut ini, hadits riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:  Rasulullah Saw. bersabda: ”Barang siapa yang bunuh diri dengan benda tajam, maka benda tajam itu akan dipegangnya untuk menikam perutnya di neraka Jahanam. Hal itu akan berlangsung terus selamanya. Barang siapa yang minum racun sampai mati, maka ia akan meminumnya pelan-pelan di neraka Jahanam selama-lamanya. Barang siapa yang menjatuhkan diri dari gunung untuk bunuh diri, maka ia akan jatuh di neraka Jahanam selama-lamanya”.  (HR.Muslim No. 158)

Perhatikan juga sabda Rasulullah Saw berikut ini: “Janganlah seorang di antara kamu mengharapkan kematian & jangan pula memohonnya sebelum kematian itu datang menjemputnya.”  (HR. Muslim No.4843).  Dalam hadits ini diterangkan dengan jelas sekali, agar kita tidak mengharap dan memohon kematian, sebelum kematian datang menjemput kita, apalagi bunuh diri.

Setiap yang hidup, pasti akan merasakan mati, Seperti tertulis dalam firman-Nya,  “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan.” (QS. Al ‘Ankabuut {29} :57). Kita semua pasti akan mati, tapi jangan sekali-kali, kita berbuat sesuatu yang menyebabkan kematian, karena kita akan jatuh ke dalam neraka jahanam.

Sebenarnya, apapun masalah hidup yang dialami seseorang, seberat apapun beban persoalan yang dipikulnya, semuanya bisa dilalui dengan baik, dengan  keimanan pada Allah Swt, dan dengan memohon pertolongan-Nya. Karena Allah Maha Kuasa, yang menggenggam langit, bumi dan seluruh isinya, yang menggenggam segala sesuatu. Dan Allah Maha Tahu semua masalah dan kesulitan yang dialami semua hamba-Nya,.  Mintalah pertolongan dari-Nya dengan sabar dan shalat, doa dan ikhtiar, yakinlah bahwa Allah Swt tidak akan pernah mengabaikan hamba-Nya yang mengharapkan pertolongan-Nya.

Allah Swt berfirman, ”Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”. (QS. Al Baqarah {2} : 153)

Perhatikan juga firman Allah Swt berikut ini, “Bukankah Kami (Allah) telah melapangkan untukmu dadamu? dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu, yang memberatkan punggungmu? Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu. Karena sesungguhnya kesulitan itu disertai kemudahan, Sesungguhnya kesulitan itu disertai kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Rabbmu lah hendaknya kamu berharap”. (QS. Al-Insyirah/Alam Nasyrah {94} :1-8).

Dan Allah Swt juga berfirman,: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya (QS Al Baqarah [2] : 286). Sebenarnya setiap orang, bisa tegar dan mampu menjalani kehidupannya yang sesulit apapun, asalkan ia kuat iman dan sabar. Orang yang mengakhiri hidupnya dengan jalan bunjuh diri, adalah orang yang tidak punya iman keyakinan kepada Allah.

Berikut beberapa Hadits Rasukullah Saw, tentang ganjaran neraka bagi orang yang bunuh diri :

  1. Hadis riwayat Jundab ra., ia berkata:  Rasulullah Saw bersabda: Ada seorang lelaki yang hidup sebelum kalian, keluar bisul pada tubuhnya. Ketika bisul itu membuatnya sakit, ia mencabut anak panah dari tempatnya, lalu membedah bisul itu. Akibatnya, darah tidak berhenti mengalir sampai orang itu meninggal. Tuhan kalian berfirman: Aku haramkan surga atasnya”. (HR. Muslim No. 164).
  2. Hadits riwayat Abu Hurairah ra, ia berkata:  Aku ikut Rasulullah Saw. dalam perang Hunain. Kepada seseorang yang diakui keIslamannya beliau bersabda: Orang ini termasuk ahli neraka. Ketika kami telah memasuki peperangan, orang tersebut berperang dengan garang dan penuh semangat, kemudian ia terluka. Ada yang melapor kepada Rasulullah Saw, ”Wahai Rasulullah, orang yang baru saja engkau katakan sebagai ahli neraka, ternyata pada hari ini berperang dengan garang dan sudah meninggal dunia. Nabi Saw. bersabda: Ia pergi ke neraka. Sebagian kaum muslimin merasa ragu. Pada saat itulah datang seseorang melapor bahwa ia tidak mati, tetapi mengalami luka parah. Pada malam harinya, orang itu tidak tahan menahan sakit lukanya, maka ia bunuh diri. Hal itu dikabarkan kepada Nabi Saw. Beliau bersabda: ”Allah Maha besar, aku bersaksi bahwa aku adalah hamba Allah dan utusan-Nya. Kemudian beliau memerintahkan Bilal untuk memanggil para sahabat: Sesungguhnya tidak akan masuk surga, kecuali jiwa yang pasrah. Dan sesungguhnya Allah mengukuhkan agama ini dengan orang yang jahat (HR Muslim No. 162)
  3. Hadis riwayat Sahal bin Saad As-Saidi ra., ia berkata:  Rasulullah Saw. bertemu dengan orang-orang musyrik dan terjadilah peperangan, dengan dukungan pasukan masing-masing. Seseorang di antara sahabat Rasulullah Saw. tidak membiarkan musuh bersembunyi, tapi ia mengejarnya dan membunuhnya dengan pedang. Para sahabat berkata: Pada hari ini, tidak seorang pun di antara kita yang memuaskan seperti yang dilakukan oleh si fulan itu. Mendengar itu, Rasulullah Saw. bersabda: Ingatlah, si fulan itu termasuk ahli neraka. Salah seorang sahabat berkata: Aku akan selalu mengikutinya. Lalu orang itu keluar bersama orang yang disebut Rasulullah Saw. sebagai ahli neraka. Kemana pun ia pergi, orang itu selalu menyertainya. Kemudian ia terluka parah dan ingin mempercepat kematiannya dengan cara meletakkan pedangnya di tanah, sedangkan ujung pedang berada di dadanya, lalu badannya ditekan pada pedang hingga meninggal. Orang yang selalu mengikuti datang kepada Rasulullah Saw. dan berkata: Aku bersaksi bahwa engkau memang utusan Allah. Rasulullah saw. bertanya: Ada apa ini? Orang itu menjawab: Orang yang engkau sebut sebagai ahli neraka, orang-orang menganggap besar (anggapan itu), maka aku menyediakan diri untuk mengikutinya, lalu aku mencarinya dan aku dapati ia terluka parah, ia berusaha mempercepat kematian dengan meletakkan pedangnya di tanah, sedangkan ujung pedang berada di dadanya, kemudian ia menekan badannya hingga meninggal. Pada saat itulah Rasulullah Saw. bersabda: Sesungguhnya ada orang yang melakukan perbuatan ahli surga, seperti yang tampak pada banyak orang, padahal sebenarnya ia ahli neraka. Dan ada orang yang melakukan perbuatan ahli neraka, seperti yang tampak pada banyak orang, padahal ia termasuk ahli surga. (HR. Muslim No. 163)

Semoga, tidak ada lagi saudara kita, yang memilih jalan pintas, mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri, dan semoga bila ada saudara kita yang sedang terhimpit masalah yang sangat besar, dapat memperkuat keimanannya  kepada Allah Swt agar dapat terhindar dari perbuatan dosa yang akan mengakibatkannya masuk neraka, amin.

Dewi Yana

http://jalandalwahbersama.wordpress.com

79 responses to this post.

  1. Allah SWT sudah beri kita hidup yang indah, dan sudah menjanjikan rezki yang berlimpah asal kita mau berusaha. Semoga kita, keluarga dan semua saudara kita dimanapun berada dijauhkan dari sikap putus asa. Amin ya Rabbana.

    Salam untuk dewi dan keluarga

    Balas

    • Posted by Dangstars on 11 Januari 2010 at 22:27

      Amiinnnn
      Semoga dijauhkan dari putus asa 😛
      Putus Tali jemuran biasa,tapi tali nya jangan buat gantung diri..
      Ih ngeriiii

      Balas

  2. jika kita ingat akan Tuhan, kita pasti tidak akan melakukan tindakan ini.
    bunuh diri merupakan jalan yang dipilih para pecundang. yang kalah melawan tantangan hidup.
    nice post.
    ini sangat berguna karena akhir-akhir ini banyak sekali orang yang memilih jalan ini.

    Balas

  3. Putus Asa yang sangat tinggi,…
    padahal dari sisa hidup kita masih bisa melakukan yang ber guna

    dafiDRiau´s last blog ..Bonus-Bonus Spesial ….

    Balas

  4. salam kenal ya, mbak
    meminta mati saja nggak boleh, apalagi bener2 melakukannya

    Balas

  5. Assalamualaikum,
    Apa khabar mbak ? sudah mulai aktif lagi ?
    Kayak nggak ada pekerjaan lain saja pake acara bunuh diri. Bisa punya umur 65 tahun saja sudah syukur. Saya sesungguhnya tidak pernah bisa memahami kenapa ada orang yang bisa bunuh diri, banyak sudah literatur yang saya baca tetapi otak saya selalu buntu jika sudah bicara bunuh diri. Saya malah kalau bisa seperti usia Nabi Adam As.

    Balas

    • Posted by Dangstars on 11 Januari 2010 at 22:32

      yang bunuh diri itu kenapa yah ? 😛
      Apa karena kalo bunuh orang lain nantinya dipenjara,makanya dia bunuh diri 😀 😀

      Balas

  6. Assalammualaikum Wr.Wb

    Benar Mba Wi swalau bagaimanapun bunuh diri akan tetap HARAM selama-lamanya dan takkan ada ampunan dari Gusti Allah SWT semoga kita bisa menjauhi hal-hal demikian ya Mba

    selamat malam & selamat Beristirahat Mba Dewi

    -salam-

    Balas

  7. (maaf) izin mengamankan KELIMAAAXXZ dulu. Boleh kan?!
    Bunuh diri adalah tindakan bodoh yang hanya akan membuat setan tertawa ngakak gak habis-habisnya.
    Banyak orang yang berfikir bahwa setelah mati segalanya akan berakhir padahal kematian hanyalah jalan untuk memulai kehidupan selanjutnya. Mohon dikoreksi jika salah.

    Balas

    • Posted by Dangstars on 11 Januari 2010 at 22:34

      Kata siapa setan bisa ketawa,,
      emangnya kenal ?
      yang baca komentar Kang Dadang jangan ketawa yah… 😀 😀

      Balas

  8. perlu adanya beberapa tindakan yang harus kita lalukan untuk bisa memberikan suatu pemahaman yang benar ttg arti hidup dan kehidupan ini, bagi sebagian orang yg masih pnya pemkiran sempit tsb, terutama org2 di sekitar kita. Siapa tahu mungkin saudara atau tetangga dari kita semua akan melakukan tindakan bunuh diri itu. Apalagi di zaman serba sulit sekarang ini dimana persaingan ekonomi dan sosial begitu tinggi.

    salam

    Balas

  9. Selamat Tahun Baru 2010

    Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara

    Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..

    DEMI MASA..

    DEMI WAKTU..

    WAL ASRI..

    semuanya sudah kita lalui bersama sama..

    Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..

    semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..

    Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..

    Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..

    Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..

    Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..

    Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan

    Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..

    Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..

    Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..

    Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..

    Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik

    Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan

    Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita

    Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar

    Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya

    Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..

    Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja

    Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda

    Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA

    Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..

    Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan

    Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin

    Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah

    Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan

    Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan

    Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini

    Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing

    Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang

    Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..

    Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..

    yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..

    Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua

    Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri

    Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi

    Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..

    Sebelum TERLAMBAT
    Selamat Tahun Baru 2010

    Balas

  10. mudah-mudahan berita tentang bunuh diri di media ke depannya tidak ada lagi,

    Salam Hangat Selalu

    Balas

  11. Posted by KangBoed on 10 Januari 2010 at 22:11

    😆😆😆😆😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    Balas

  12. hidup yang hanya sekali tentunya jangan sampai kita sia-siakan. Menyakiti diri sendiri apalagi bunuh diri.
    Terima kasih Mbak pengetahuan bertambah dengan disampaikannya ayat2 tersebut.
    Salam hangat selalu🙂

    Balas

  13. wah, saat ini kita sama sama membahas tentang bunuh diri nih..!

    Balas

  14. Selamat Malam Sahabat, Apakabar Malam ini ?
    Tentunya tetep asyik kan ?
    sengaja berkunjung ke rumah sahabat jelang tengah malam kali aja dapet kopi hangat untuk sekedar menghangatkan hati yang senantiasa mendamba keridlaan Allah.
    Semoga sukses menyertaimu sahabat.

    Salam Hangat slalu
    *Abifasya*

    Balas

  15. Jangan sampai deh bunuh diri…!!!!

    Balas

  16. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Jumpa perdana mbak Dewi…semoga Allah merahmati Anda. Ulasannya yang bagus dan sumber yang jelas. Semoga kita tidak termasuk golongan yang berputus asa dan selalu diberikan kekuatan untuk selalu siap menghadapi segala permasalahan hidup.
    Sukses selalu buat mbak Dewi.

    Salam,
    MAKNA HIDUP

    Balas

  17. Posted by andipeace on 11 Januari 2010 at 01:30

    assalamu’alaikum
    sampai saat ini saya masih mengingat pesan bunda saya saat saya gagal dalam kompetisi bola antar kabupaten “jangan meyerah,terus berusaha pasti bisa.” hal seperti itu saya masih ingat dan saya selalu berusaha terus berjuang dan berdo’a

    salam hangat

    Balas

  18. putus asa adalah dosa, apalgi bunuh diri pasti neraka tempatnya. Di dunia ini hanya sementara tapi akhiratlah yang kekal abadi selama-lamanya. Perbanyaklah ibadah dekatkan diri pasa Sang Khaliq Insya Allah akan terasa tenang & damai.

    Balas

  19. PENTING………

    ana menjumpai sebuah blog “muslim” bertengger di daftar “Blog WordPress.com Nge-Top”. Seketika aku mengucap “alhamdulillaah …” Saat itu aku merasa bersyukur karena ada blog “islami” yang ngetop di papan atas. Tapi rupanya aku keliru. Barusan, seorang sahabat memberi tahu bahwa blog tersebut bukan blog muslim. Bahkan, blog itu melecehkan Allah, Nabi Muhammad, dan segala yang berbau Islam. Astaghfirullaah….

    Akankah kita tinggal diam saja menyaksikan Tuhan dan Nabi kita dilecehkan secara terbuka? Jangan! Mari kita bergerak melawannya. Kita bisa melawannya, antara lain dengan beramai-ramai melaporkan blog tersebut sebagai spam. (Laporan ini akan lebih efektif bila orang yang melaporkan ini ada banyak.)

    Caranya: Klik http://en.wordpress.com/report-spam/?url=beritamuslim.wordpress.com. Pada kotak “Why”, tuliskan alasan pelaporan kita. Misalnya: “This beritamuslim blog is named in a manner that misleads its readers into thinking that the owner is a Muslim. Whereas in fact, this blog insults muslims along with their properties.”

    afwan umi ana blom bisa memberikan komentar diblog umi.

    Balas

  20. sudilah kiranya mbak mengunjungi blog ini:

    beritamuslim.wordpress.com

    menurut mbak gimana harus menyikapinya? terimakasih… [blog tersebut terang2an menodai ajaran agama islam]

    Balas

    • Assalamu’alaikum,
      Untuk Pak Adi dan untuk Thepenks, saya sudah diberitahu teman blogger kita, Muhammad Jabir, sudah dilaporkan, dan pendapat saya bisa dibaca di buku tamu, tapi akan saya copy ke sini jawaban tsb : Tentang blog yang melecehkan agama, mereka adalah orang-orang yang telah dikunci mati hatinya oleh Allah Swt. Sebagaimana tertulis dalam firman-Nya , “Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman. Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka dan penglihatan mereka ditutup Dan bagi mereka siksa yang amat berat.” (QS. Al Baqarah {2} : 6 & 7). Dan Allah Swt berfirman, “Demikianlah Allah mengunci mati hati orang-orang yang tidak (mau) memahami.)” (QS. Ar Ruum {30} : 59). Terima kasih atas infonya. (Dewi Yana).

      Balas

      • Posted by Dangstars on 11 Januari 2010 at 22:46

        Sebaiknya blog itu jangan dikunjung lagi atau di Klik,,

        anggap saja tidak ada

  21. maaf’s baru bekunjung😉

    sukses terus …. optimistis … realistis … kayaknyah ngak bakal bunuh diri deh

    Balas

  22. Assalamualaikum….apa kabar sist ? semoga Alloh SWT selalu melindungimu dan memberikan kesehatan padamu..amin🙂

    Balas

  23. makasih pencerahannya….semoga kita tergolong umat-NYA yang sabar dalam menghadapi setiap cobaan🙂

    Balas

  24. bunuh diri sebenarnya menjerumuskan diri sendiri semakin terperoosok ke dalam kesengsaraan akhirat

    Balas

  25. Allahu akbar… diberi kesempatan utk menyiapkan bekal sebanyak-banyaknya, malah disia-siakan kesempatannya. Bunuh diri: celaka dunia dan akhirat. Naudzubillah..

    Balas

  26. Salam Takzim
    Alhamdulillah saya mampir ke rumah bunda, eh saya dapat oleh-oleh untuk tetap berjalan pada relnya sehingga saya juga akan dapat memberi nasihat kepada temen-temen yang baru saja menerima kegagalan.
    Terima kasih bunda atas ulasan diatas, semoga bunda selalu diberikan keleluasaan waktu sehingga postingannya bisa rutin saya jadikan pedoman hidup di kota Jakarta yang menurut orang cukup keras.
    Salam Takzim Batavusqu

    Balas

  27. Selamat Siang menjelang sore,
    Selamat Hari Senin,
    Semoga tetap semangat dan Sukses selalu,

    Salam Hangat,
    AbulaMedia

    Balas

  28. nauzubilah mindzalik..

    ya Allah teh serem ban9ed yah 9anjarannya..*mrindin9

    Balas

  29. Bunuh diri adalah tindakan yg bodoh.. dan jika itu dilakukan meraka adalah golongan org2 yg tak beriman. itu menurut sayah shi😀

    Balas

  30. orang yang tidak kuat iman dan tidak kuat melawan kerasnya hidup…apalagi kondisi negara yang morat marit ini, membuat berfikir mencari jalan pintas

    Balas

  31. Bunuh diri terlahir dari keputusasaan dan hilangnya harapan pada diri seseorang.
    Semoga kita terlindungi dari perasaan itu.Amin

    Balas

  32. say no to bunuh diri…daripada bunuh diri mendingan ikut melarikan diri hehhee

    Balas

  33. hehe
    haram and jangan sampe

    Balas

  34. memang barometer itu perlu, tapi pengetahuan tanpa pelaksanaan adalah hutang… maksud saya, bagaimana ya caranya agar kejadian itu tak terulang… tataran keilmuan memang penting, namun himpitan kenyataan juga riil mbak Yana, menurut mbak solusinya apa ya?

    Balas

  35. Selamat malam Dewi Yana, artikelnya sunggung menguatkan saya, masih ada Allah dibalik tekanan hidup ini, jangan putus asa bahkan mengahiri hidupnya dengan konyol karena itu yang paling dimurkai Allah, dan kata-kata ini menguatkan saya :seberat apapun beban persoalan yang dipikulnya, semuanya bisa dilalui dengan baik, dengan keimanan pada Allah Swt, dan dengan memohon pertolongan-Nya. Karena Allah Maha Kuasa, yang mempunyai dunia ini serta seluruh isinya, dan Dia sanggup berbuat segala sesuatu. Terima kasih postingan yang buagus, Sukses untuk Dewi,

    Regards, agnes sekar

    Balas

  36. Bunuh diri😕 semestinya kalo jiwa keimanan kita kuat, hal2 yang seperti itu tidak akan terjadi.Memerlukan peran alim ulama dalam menggingatkan masyarakat akan hal itu.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Balas

  37. Assalamua’laikum Wr. Wb
    Salam Takzim
    Maap bunda banyak sahabat minta tolong untuk menyebarkan suatu blog yang sangat menghawatirkan di blog saya, mungkin bunda bisa membantu sahabat saya juga, untuk ikut menyebarkan link ini disahabat bunda Dewi Yana.
    inilah Link yang sangat meresahkan umat itu bunda http://beritamuslim.wordpress.com/
    Maap sebelumnya
    Salam Takzim Batavusqu

    Balas

  38. saya sangat tidak setuju dengan bunuh diri..melanggar hukum agama…

    Balas

  39. banayk kasus bunuh diri karena kepercayaan diri yang turun secara drastis mengikis iman dan akal sehat, padahal masalah ekonomi, asmara, konflik bukanlah hal berat yang tidak ada jalan keluarnya. tak ada ujian yang diberikan Alalh SWT melebihi batas kemampuan hambaNya untuk memikulnya

    Balas

  40. assalamualaikum..

    Sungguh merugi orang yang bunuh diri..

    Balas

  41. Allohuma sholi alla muhamad waala ali muhamad .

    numpang mampang untuk berbagi kalau berkenan ….bunuh diri perbuatan yang sangat di benci olehNya .

    apapun yang terjadi jangan deh .

    salam Damae selalu

    Balas

  42. Bunuh diri, apapun alasannya tidak diridhoi Allah SWT.
    Terima kasih pencerahannya Teh Dewi Yana.
    Wassalam….

    Balas

  43. Tulisannya makin mantap mbak Yana…
    bakalan menjadi buku lagi neh kayaknya….

    ditunggu bukunya ya mbaaak

    Balas

  44. perbuatan yg paling sangat dibenci Alloh SWT,,,
    apalagi trend eutanasia di negara2 besar sdh seperti diperbolehkan….wow,,..

    Balas

  45. Posted by koropedang on 12 Januari 2010 at 13:11

    ehm..jangan smpe dech bunuh diri…ngeri..coba bayangin bagi yg mo bunuh diri dilindas kereta ..tubuh2 jadi hancur.

    Balas

  46. mbak dewi linknya sudah saya taruh diblogroll, silakan diliat. makasih ya mba…

    Balas

  47. Posted by hellgalicious on 12 Januari 2010 at 14:58

    bunuh diri emang dilarang keras oleh Allah swt
    tapi masih juga banyak orang yang depresi trus bunuh diri

    heeemmm gue ga abis pikir.
    yah moga aja kita dijauhkan dari perbuatan ituu

    amin

    Balas

  48. makasih mba saya sendiri terkadang merasakan putus asa,

    salam

    Balas

  49. sebuah keputusan yang “bodoh” yang datang pada saat iman kita sedang lemah

    Balas

  50. Ada seorang teman saya yang suaminya baru saja meninggal dunia. Yang saya tau selama ini insya Allah akhlak teman saya itu terjaga baik, namun saat suaminya meninggal iapun mengucapkan kata2 ingin pergi saja menyusul suaminya…
    Astagfirullah… memang keimanan sangat bisa naik turun…

    Balas

  51. Aduh knapa sih harus bunuh diri???

    Allah kan yang atur, bukan Kita sendiri..

    Balas

  52. Menyapa mbak dewi di pagi hari. Semoga dakwahnya tetap mengalir deras, menyirami hati2 yang kering dari kerinduan terhadap-Nya…

    Balas

  53. Mengunjungi di pagi hari untuk para sahabatku
    Tetaplah berkaya dengan hati yang jernih dan memancarkan cahaya Tuhan

    Balas

  54. Subhanallaoh….Semoga Allah selalu melindungi kita semuanya…Amin

    Balas

  55. duh putus asa, putus cinta aja sakit, apalagi bunuh diri, sakitnya ga bakalan selesai dah. jadi ga perlu pake bunuh diri. lebih baik bunuh kepribadian yang sesat dan meyesatkan

    Balas

  56. Selamat siang menjelang sore,
    Selamat hari Rabu,
    Semoga tetap semangat untuk berkarya dan sukses selalu,

    Salam Hangat,
    AbulaMedia

    Balas

  57. bunuh diri itu kan dosa yg tak terampuni…hiiiiiii sereeeemmmm…👿

    Balas

  58. kuncinya memang Iman dan taqwa kepada Allah A.W.T agar terhindar dari bisikan syaiton untuk melakukan bunuh diri…
    semoga kita adalah umat yang selalu dekat dengan ALLAH S.W.T amin ya Rabb..

    salam, ^_^

    [assalamu’alaikum]

    Balas

  59. biasanya org yg hobby bunuh diir itu karena dalam hidupnya tidak pernah mensyukuri ni’mat-Nya, dan cenderung menjauhi yang menciptakan… Na’udzubillah

    Balas

  60. nauzubilah mindzalik…Jangan sampe terpikir untuk melakukan hal itu….
    semoga kita selalu istiqomah dalam menjaga keimanan kita, dan senantiasa Mengingat Allah dalam kondisi apapun…

    Balas

  61. Naudzubillah, bunuh diri diawali dengan kesehatan mental yg terguncang, bisa krn stress atau depresi. orang2 yg bunuh diri biasanya lemah iman juga, karena tidak mempercayai adanya jalan keluar dlm setiap masalah dan mengira setelah mati tidak ada kehidupan lagi. padahal sesungguhnya, kehidupan kita sebenarnya adalah di alam akhirat nanti ya mba DY? dunia hanyalah persinggahan, seperti orang yang bertamu dan meminum teh serta mencicipi biskuit, tapi ujung2nya akan kembali pulang…

    Balas

  62. putus asa itu ngak baik, tidak berusaha juga ngak baik. okelah kalau begitu kita mulai usaha (yang pertama usaha mencari pacar cantik) itu juga usaha

    Balas

  63. salam kenal semua, Indonesia sekarang banyak terjadi kasus lompat dari gedung (mungkin terilhami) banyak film superhero macam superman

    Balas

  64. Assalamu alaikum

    Jika keinginan untuk maju…..biasanya harus melewati ujian….
    ibaratkan anak kelas 1 ingin naik ke kelas 2.

    proses ujian ini yang sulit….melewati ujian ini..akan mendapatkan hasil
    krn keinginan untuk naik ke kelas 2….jika tak mau untuk ikut ujian ..nggak apa2 juga…yach..tetap di kelas 1.

    Semakin besar peringkat yang di inginkan semakin besar pula cobaan as alias ujian yang akan ditempuh….Maka perbanyaklah bekal dan persiapan sebelum menempuh ujian dengan banyak mengikuti latihan….

    semoga bermanfaat dan Wassalam

    Balas

  65. Posted by darahbiroe on 7 Februari 2010 at 19:28

    padahal hidup itu indahhh, dan anugerah napa muzti bunuh diri

    dan makin miris sekarang bunuh diri seperti trend dikalangan anak muda

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasih

    Balas

  66. Bunuh diri rayuan setan

    Balas

  67. pts asa tngkt tnggi..
    msh bnyk hal yg dlkukan..kok milih jalan terburuk..
    kunjungan pagi mbak..:D

    Balas

  68. Kunjungan siang mbak..
    Nice all post deh…:D

    Balas

  69. Bunuh diri itu gak baik
    putus asa juga sama dengan bunuh diri

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: