Takwa

Tentunya kita sering mendengar kata takwa dari ustadz, dan para penceramah, namun ada dari kita, yang masih jauh dari takwa yang sebenarnya. Padahal takwa adalah kunci untuk meraih kebahagiaan dan keselamatan hidup didunia dan akhirat.

Imam An-Nawawi mendenifisikan takwa dengan “Menta’ati perintah dan laranganNya”. Maksudnya menjaga diri dari kemurkaan dan adzab Allah Swt [Tahriru AlFazhil Tanbih, hal 322]. Hal itu sebagaimana didefinisikan oleh Imam Al-Jurjani “ Takwa yaitu menjaga diri dari siksa Allah dengan menta’atiNya. Yakni menjaga diri dari pekerjaan yang mengakibatkan siksa, baik dengan melakukan perbuatan atau meninggalkannya” (Kitabut Ta’rifat, hl.68, Yusuf Mansur Network, Takwa Solusi segala Masalah dan Bekal Terbaik).

Jadi takwa berarti mentaati Allah, taat terhadap semua yang diperintahkan dan dilarang. Seseorang melakukan perintah dan menjauhi laarangan-Nya karena keimanannya kepada Allah. Allah Swt berfirman: ”Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (Al Quran) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa” (QS. Al baqarah {2} : 41)

Takwa bermakna taat dan beribadah, sebagaimana tertulis dalam firmanNya : ”Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya, dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama islam” (QS. Ali Imran {3} : 102). Di antara wahyu Allah kepada Nabi Dawud As : “Tiada seorang hamba yang taat kepada-Ku melainkan Aku memberinya sebelum dia minta, dan mengabulkan permohonannya sebelum dia berdoa, dan mengampuni dosanya sebelum dia mohon pengampunan (istighfar).” (HR. Ad-Dailami). Itulah keutaman takwa, karena takwa bermakna taat dan beribadah.

Karena takwa bermakna taat dan beribadah, maka bagi hamba yang taat dan beribadah Allah Swt akan penuhi hati dan tangannya dengan kekayaan, sebagaimana tertulis dalam hadits yang diriwayatkan Imam Al-Hakim dari Ma’qal bin Yasar  berkata, Rasulullah Saw bersabda:  “Tuhan kalian berkata, ‘Wahai anak Adam, beribadahlah kepadaKu sepenuhnya, niscaya Aku penuhi hatimu dengan kekayaan dan Aku penuhi kedua tanganmu dengan rezeki. Wahai anak Adam, jangan jauhi Aku sehingga Aku penuhi hatimu dengan kefakiran dan Aku penuhi kedua tangamu dengan kesibukan.” (HR. Al Hakim).  Nabi Muhammad Saw  dalam hadits tersebut menjelaskan, bahwasanya Allah menjanjikan kepada orang yang beribadah sepenuhnya kepada-Nya, dengan kekayaan hati dan rezeki yang cukup, sebaliknya mengancam bagi yang tidak beribadah sepenuhnya kepada Allah, dengan kefakiran dan membuatnya kedua tangannya selalu dalam kesibukan.

Takwa adalah jalan meraih kemenangan, sebagaimana tertulis dalam firman-Nya, “Dan barang siapa yang taat kepada  Allah dan rasul-Nya dan takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, maka mereka adalah orang- orang yang mendapat kemenangan. (QS. An-Nur {24}: 52).  Bila kita ingin mendapatkan kemenangan, maka bertakwalah kepada Allah.

Takwa juga merupakan bekal utama yang dapat memudahkan perjalanan hidup kita pada landasan kebenaran.  Dan takwa kepada Allah adalah bekal yang harus kita persiapkan untuk akhirat kita kelak. Sebagaimana tertulis dalam firman Allah Swt : ….Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepadaKu hai orang-orang yang berakal.” (QS. Al Baqarah {2} : 197)

Berikut beberapa ayat Al Quran tentang takwa kepada Allah :

  1. ”Hai orang-orang yang beriman (kepada para rasul), bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya, niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian, dan menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan Dia mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.(QS. Al Hadiid {57} : 28)
  2. Allah Swt berfirman, ”…..Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” (QS. Al Hujuraat { 49} : 13)
  3. ”Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya”. (QS. Al A’raaf {7} : 201)
  4. ”Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al Hasyr {59} : 18)
  5. AllahSwt berfirman : “Barang siapa yang bertakwa pada Allah, Allah beri jalan keluar dari kesusahan dan akan beri rezeki dari arah yang tidak terduga-duga” (QS. Ath Thalaaq {65} : 2-3)
  6. ”….Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya”.   (QS. Ath Thalaaq {65} :4)
  7. ”Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS. Al A’raaf {7} : 96)
  8. “Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi maha Mengenal” (QS Al Hujuraat {49} : 13)

Apabila kita menjadi hamba Allah yang bertakwa, Allah Swt telah menjanjikan kepada kita, bahwa memberikan kebahagiaan dan keselamatan dunia akhirat dan akan selalu memberikan jalan keluar dan mendatangkan rezeki untuk kita, sebagaimana tertulis dalam firman-Nya disurah Ath Thalaaq ayat 2-3 diatas (lihat No 6)

Ayat di atas menjelaskan bahwa orang yang merealisasikan takwa akan dibalas Allah dengan dua hal. Pertama, “Allah akan mengadakan jalan keluar baginya.” Artinya, Allah akan menyelamatkannya di dunia maupun akhirat. Kedua, “Allah akan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” Artinya, Allah akan memberi-nya rezeki dari arah yang tak pernah ia pikirkan.  Al-Hafizh Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan:  “Makna ayat 3 surah At Thalaq diatas adalah, barangsiapa yang bertakwa kepada Allah dengan melakukan apa yang diperintahkan-Nya dan meninggalkan apa yang dilarang-Nya, niscaya Allah akan memberinya jalan keluar serta rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka, yakni dari arah yang tidak pernah terlintas dalam benaknya.”  (buku Cukuplah Allah)

Mengadakan jalan keluar artinya menyelamatkannya dari setiap kesulitan di dunia dan akherat. Ibnu ‘Uyainah berkata itu artinya, ia mendapat keberkahan dalam rezekinya. Dan Abu Sa’id Al-Khudri berkata: Barangsiapa berlepas dari kuatnya kesulitan dengan kembali kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan jalan keluar dari beban yang ia pikul. “ (Jami Ahkamiil Qur’an, VIII: 6638-3369, secara ringkas) Dan balasan bagi mereka di akhirat yang jelas adalah akan mewarisi tempat yang merupakan dambaan setiap insan yaitu Surga dengan segala kenikmatannya, sebagaimana tertulis dalam firman-Nya:”Itulah syurga yang akan Kami wariskan kepada hamba-hamba Kami yang selalu bertakwa”.(QS. Maryam {19} : 63)

Karena itu, marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt agar kita bisa meraih kemudahan hidup dan diselamatkan dari setiap kesulitan kita, baik itu kesulitan hidup didunia maupun di akhirat kelak.  Marilah kita raih kebahagian hidup didunia dan akhirat dengan jalan takwa kepada Allah Swt.

Dewi Yana

https://jalandakwahbersama.wordpress.com

80 responses to this post.

  1. Ketaqwaan akan bisa diraih, jika hati telah telah benar2 mencintaiNya.. Dengan cintaNya, kita dapat bertaqwa yg sebenarnya… Seperti itukah maksudnya, mbak Dewi….?

    Balas

  2. Kadang kala kita tidak menyadari jika kesulitan kita didunia ini disebabkan oleh kelalaian kita selama ini, Bertaqwa adalah jalan selalu di ingatkan oleh Khotib sewaktu Kutbah Jum’at. Selamat menunaikan ibadah sholat juma’at

    Balas

  3. add my blog as Cool Blogs n msg me, will add urs soon aftr u adding my blog

    Balas

  4. Posted by darahbiroe on 5 Februari 2010 at 13:01

    ketaqwaan sungguh sangat q rindukan dan q inginkan,,,,,

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya

    Balas

  5. Takwa,… baru saja saya dengar dari Khatib jumat, setelah mampir disini.
    lebih lenkap rasanya.
    makasih banyak Bu….

    Balas

    • Tanpa takwa yang sebenarnya dalam diri, segala perintah Allah yang dilaksanakan tidak membawa manfaat kepada diri sendiri dan kehidupan dunia serta akhirat.
      Allah secara jelas menyatakan takwa seharusnya dijadikan pakaian diri setiap Muslim dan ia sebaik-baik pakaian.

      Salam hangat dari Soppeng

      Balas

  6. saat ini jarang ditemui orang yg bertakwa dgn sepenuhnya

    Balas

  7. Posted by harumhutan on 5 Februari 2010 at 14:28

    insya Allah..,yiuks mari teh🙂
    trimaksi ya

    Balas

  8. Assalamu’alaikum mbak..
    Wah ulasannya lengkap mbak, jadi lebih mantep membacanya. InsyaAllah bisa saya laksanakan semua perintahNya dan menjauhi larangan-Nya. Amiin

    Balas

  9. tidak mudah menjadi taqwa itu ya sist ….butuh tekad dan keikhlasan yg kuat, tq dah berbagi🙂

    Balas

  10. tambahkan blog saya sebagai Percuma Blog dalam senarai blog anda,,, saya adalah http://vinothcraig.blogspot.com url

    Balas

  11. Assalamu’alaikum…
    Semoga kitatermasuk orang2 yang istiqomah dalam taqwa. AMin. Pembelajaran yg menyejukkan teh, terima kasih!
    Wassalamu’alaikum…

    Balas

  12. taqwa… hmm saya hampr lupa ttg taqwa..
    mungkin banyak dosa dan terlalu tenggelam dengan dunia..
    hal yg paling hakiki justru suka terabaikan…
    saya ingin memulainya lagi..
    basmallah

    Balas

  13. Posted by cantigi™ on 5 Februari 2010 at 16:36

    taqwa, akidah dan akhlak jika bersinergi hasilnya luar biasa ya… ^_^

    Balas

  14. Posted by Dangstars on 5 Februari 2010 at 17:11

    Sesuai sekali Arti Taqwa,,
    Sedikit hurup namun makna dan kandungannya… Sungguh harus dilakukan walau itu berat 🙂

    Balas

  15. Assalamualaikum

    Sungguh manis tulisan yang membawa kita agar selalu taqwa,,

    Balas

  16. Taqwa artinya takut kepada Allah swt,berarti kita harus menuruti semua perintah dan menjauhi semua larangan,dengan bertaqwa kepada Allah s swt,insya Allah kita pasti bisa melewati liku2 ke hidupan di dunia ini.

    Balas

  17. […] apakah ikut berkepentingan dengan Terpilihnya Ketua Umum PB. NU? 4 02 2010 Tulisan ini mungkin sudah kedaluarsa namun ada yang penting untuk disikapi bahwa dalam tulisan yang … doktrin liberalisme ala Amerika, dan akhir2 kita pun pernah membaca bahwa salah satu warga […]

    Balas

  18. Salam Takzim
    Setiap Jum’at khotib mengajurkan untuk meningkatkan taqwa bund. eh malah dapat penjabaran yang luas tentang takwa, terima kasih bunda Dewi Yana, atas artikelnya agar bertambah taqwa saya kepada Allah SWT.
    Salam Takzim Batavusqu

    Balas

  19. ..
    Saya jadi malu nih, karena sibuk urusan dunia jadi kurang bertaqwa..
    ..
    Terimakasih telah di ingatkan..
    ..

    Balas

  20. terima kasih dan kunjungi blog saya juga ya..

    Balas

  21. Subhanallah Mbak Dewi blog yang bagus dan bermanfaat. Tetap istiqamah ya..

    Orang yang bertaqwa akan memperoleh derajat kemuliaan tertinggi di sisi Allah SWT. Karenanya mujahadah untuk menetapi ketaqwaan sangat membutuhkan kesungguhan dan juga ilmu.

    Balas

  22. selalu berusaha untuk menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya

    Balas

  23. InsyaAllah saya berusaha untuk menjadi umat yg selalu tetap ber-Taqwa kepada Allah S.W.T amin..

    salam, ^_^

    Balas

  24. setiap kesini, saya selalu di suguhi pencerahan yg dapat membimbing kita agar selalu tetap di jalan-Nya amin..

    Balas

  25. postingan yg sangat bermanfaat agar kita senantiasa menjadi umat yg selalu beriman dan bertaqwa..
    trimakasih mbak dewi..

    Balas

  26. Alhamdulillah, masih ada orang yang akan selalu mengingatkanku pada-Nya.

    Balas

  27. Blog yang bagus, salam kenal dari saya anak SMK yang lagi ngebet nulis di blog, kasih komen blog saya di http://www.namakuastriani.blogspot.com. trim

    Balas

  28. Menyapa sahabatku (Ibu Ustazah Dewi Yana) yang belum pernah kujumpa dalam nyata hanya lewat maya, namun hati kita serasa bersama, kicau burung pagi singsing mentari mulai bersinar, mengikis embun beranjak hari, ku hadir membuka layar mengetikan kata buat sahabat tercinta ingin kuucapkan sepatah kata ” kaulah sahabatku” Tuhanku Yang Maha Kuasa, berikanlah pada sahabatku nun jauh disana kebahagiaan dan kedamaian serta taburkanlah cinta pada dirinya beserta keluarganya, semoga harapan dan Doa menjadikan kita lebih bersaudara.

    Salam Kedamaian- Penuh Kebahagiaan- Dengan Cinta

    Ruang Hati.com
    ==========
    Selamat Berakhir Pekan, Have a nice weeekend

    Balas

  29. setiap berkunjung kesini, selalu menggugah kesadaran dan mengingatkan sisi batin saya untuk selalu berjalan dalam tauhid dan ukhuwah… terima kasih mba Dewi atas uraian Takwanya, memberi kesadaran pada banyak orang untuk tawaddu pada Allah SWT

    Balas

  30. takwa didalam hati. menjadikan tameng dari apa2 yang buruk…

    Balas

  31. Usahakan selalu takwa ada pada diri kita, karena mengusahakan takwa sama dengan membina syurga

    Balas

  32. Posted by cantigi™ on 6 Februari 2010 at 12:23

    ok sip, blogroll cantigi udh update, a/n jalan dakwah bersama, tq ya… ^_^

    Balas

  33. Ass.wr.wb.
    Setiap baca artikel disini sya selalu mengusap dada… bagitu banyak laranganNya yang dilanggar.. ya Allah ampunkan hamba..
    Ohya Uhkti.. ada Tag persahabatan buat ukhti Dewi yana.. mohon diambil n diterima ya,,
    Wassalam

    Balas

  34. Mohon tukeran link yah Bu ,,
    Link Ibu sudah saya pasang
    Wassalam

    Balas

  35. makasih Mbak, saling berbagi dan meresapi

    Balas

  36. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Istilah takwa sudah begitu akrab bagi kita, tapi untuk mencapainya bukan hal yang mudah. Harus diupayakan dengan kesungguhan dan konsistensi (istiqamah), serta terus berusaha memperbaiki diri.

    Terima kasih banyak Bu atas tulisan penting ini.
    Mudah-mudahan kita dimudahkan Allah untuk meraih derajat muttaqin. Amin.
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    Balas

  37. mudah2an kita selalu menjadi muslim dan muslimah yang bertaqwa, baik dalam pemikiran, perkataan, dan perbuatan, amiin

    Balas

  38. selalu bertaqwa akan menajikan hidup ini lebih berarti dan indah…

    Balas

  39. Assalamu’alaikum mba….
    uda lama ga mampir sini…
    moga kita semua selalu dalam lindungan NYA…..AMIN🙂

    Balas

  40. terimakasih bu atas postingan-postingannya, jadi banyak dapat ilmu, ilmu dunia dan ilmu akhirat…

    semoga kita menjadi hamba yang selalu meningkat ketakwaan dan keimanannya.Amin

    Balas

  41. Taqwa=>Tawadu’
    Qona’ah
    Waro’i
    Yakin

    Balas

  42. Posted by Siti Maemunah on 7 Februari 2010 at 17:44

    Subhanallah, blog ini sangat penuh manfaat, salah satu tulisan diblog ini, dimuat oleh seorang teman blog di facebook, sejak tadi saya baca banyak tulisan2 diblog ini dan mengingatkan saya, betapa saya sudah banyak lalai dan banyak salahnya selama ini. walau mbak Dewi temen facebook saya, tapi saya baru tahu tentang blog mbak ini, terima kasih telah memberikan begitu banyak pencerahan buat saya. kalau boleh saran, tolong tulisan mbak Dewi di sharing ke facebook, agar bisa dibaca semua anggota facebook.

    Balas

  43. ketakwaan harus benar2 di resapi dan di setujui dalam hati, mesti cukup sulit untuk di lakukan… salam kenal

    Balas

  44. Subhanallah…..
    Berdakwah terus ya Ukhti🙂

    Balas

  45. semangat untuk menuju umat yg taqwa

    Balas

  46. Selamat malam dan pagi cz sudah lewat jam 12 malam !

    Balas

  47. alhamdulillah semoga dengan ada blog seperti ini dapat memberi pencerahan
    kunjungi blog islamicofacehwordpress.com ya?
    di tunggu ne

    Balas

  48. ass, taqwa=tauhid keyakinan terhadap allah swt.Ukuran seseorang dimata allah adalah taqwanya.berat tapi bisa kita raih dengan terus berkunjung di blog mbk dewi ini salah satunya…

    semoga menjadi blog yang barokah amiiin..

    wassalam.

    Balas

  49. wah-wah-wah, dapet pencerahan!

    Balas

  50. assalamualaikum…

    tanpa takqwa, hidup ini serasa sia2, seperti hidup tak tau arah mau kemana,, tujuan gak ada.
    thanks pencerahannya dipagi hari, semoga bermanfaat.😉

    *lanjut minum teh panas pagi2:mrgreen:

    Balas

  51. Insya Allah , amiin aminn ya robbal alamin..
    marilah kita mengajak kepada diri sendiri dan muslimin dan muslimat untuk mencapai jalan taqwa seperti yang Mbak Dewi yana paparkan dalam posting ini.

    Balas

  52. aminnnn…..
    slm kenal…

    Balas

  53. ass…
    selamat sore mba yana… lama juga saya tidak berkunjung…
    makin dalem saja artikel-artikelnya…

    dan salam buat masnya ya mba…

    ass…

    Balas

  54. Posted by kurnianza on 9 Februari 2010 at 21:25

    terimakasih atas kunjunganya… kunjungi blog q lagi ya..

    Balas

  55. setiap manusia harus bertakwa…,

    Balas

  56. Posted by hellgalicious on 10 Februari 2010 at 08:54

    sungguh postingan ini bermanfaat banget

    tengkyuu

    Balas

  57. Ingat taqwa, ingat mati. Ingat mati, ingat dosa. Ingat dosa, ingat neraka. Ya Allah jauhkan diriku dari api neraka. Amiin

    Balas

  58. Posted by Siti Maemunah on 10 Februari 2010 at 13:23

    Mbak Dewi, saya lihat album foto flickrnya, Subhanallah, gmn caranya Mbak, bisa kenal dekat sama semua Ustadz-Ustadz terkenal itu? Pasti senang bergaul dgn orang-orang shaleh spt mereka, Subhanallah..

    Balas

  59. semoga kita selalu meningkatkan taqwa kita kepada Allah

    Balas

  60. mantab…!!!
    lam kenal yah….
    mudah²an hati kita semua selalu dibimbing-Nya.
    amiin….

    Balas

  61. berkunjung di sore hari sambil mengadakan transaksi untuk meminta link barang kali di sore ini yang berbuat baik untuk memberikan link kepada kami…

    Balas

  62. Salam Persahabatan Blog dari Bayu Di Kalimantan Tengah…

    Balas

  63. “Karena takwa bermakna taat dan beribadah, maka bagi hamba yang taat dan beribadah Allah Swt akan penuhi hati dan tangannya dengan kekayaan” amin ya Allah..saya tidak ingin menjadi umat yg tidak bertaqwa..

    Balas

  64. teriamaksih mbak atas tulisan² yg menerahkan ini…
    saya berusaha keras untuk menjadi manusia yg beriman, bertaqwa dan selalu bersyukur atas karunia-Nya amin…

    salam, ^_^

    Balas

  65. sebenarnya ketaqwaan seseorang itu bisa nampak /tidak ya mbak?
    terkadang ada pemimpin yg mengakui dirinya bertaqwa, namun kenyataannya dia banyak mendzalimi bawahan maupun mengingkari amanah rakyat… *nyindir pejabat kotor*
    trimakasih tulisan yg bermanfaat ini mbak dewi

    Balas

  66. Have a nice weekend, undangan dalam acara ulang tahun Ayah tercinta, salam D3pd…:-D

    Balas

  67. Dengan takwa akan memudahkan segala urusan aku rasa

    Balas

  68. Posted by ilyasafsoh.com on 14 Februari 2010 at 12:41

    semangat😀

    Balas

  69. Posted by harumhutan on 18 Februari 2010 at 13:17

    Insya Allah..
    karena semua hanya untukNYA..

    *makasi teh🙂

    Balas

  70. Selamat pagi….senyuman dan kebahagiaan selalu ada untuk kita semua, chayoo ^_^…V

    Balas

  71. doakan saya teh, supaya bisa menjadi insan yg bertaqwa

    Balas

  72. Salam dari malaysia bu.

    Memang mudah untuk bicara tentang takwa namun untuk mengapainya memerlukan mujahadah dan jiddiyah yang bersangatan. Untuk mengapai makam takwa kita memerlukan istiqamah dan istiqamah memerlukan tarbiyah dan tarbiyah memerlukan jamaah untuk memantaunya.

    Sebab itu bu, jika kita keseorangan sukar untuk istiqamah apa lagi untuk menggapai maqam takwa itu meskipun kita punya ilmu yang tinggi kerna keseorang bisa saja dimakan oleh serigala ( rujuk hadith ).

    Berusahalah untuk berintima’ dengan jamaah islam yang menjurus kearah dakwah dan tarbiyah agar kita terpelihara dan agar dapat dibantu dalam melaksanakan amal. ” bantu membantulah atas dasar takwa”.

    Permisi dulu bu. Maaf jika komennya mengguris hati.

    muharrikdaie ~ menulis untuk menggerakkan jiwa jiwa.

    Balas

  73. Subhanalloh, ane mendapatkan banyak pencerahan di blognya ukhty. Sukran ya ukhty?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: