Keutamaan Membaca Al Qur’an

Keutamaan Al-Qur’an yang terbesar adalah Al Quran merupakan kalam Allah Swt. Al-Qur’an adalah kitab yang diturunkan dengan penuh berkah. Al-Qur’an memberikan petunjuk manusia kepada jalan yang lurus. Tidak ada keburukan di dalamnya, oleh karena itu sebaik-baik manusia adalah mereka yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya. Rasulullah SAW bersabda, ”Sebaik-baik orang diantara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhori).

Al-Qur’an diturunkan untuk dibaca oleh setiap orang muslim, direnungkan dan dipahami makna, perintah dan larangannya, kemudian diamalkan. Sehingga ia akan menjadi hujjah baginya di hadapan Tuhannya dan pemberi syafa’at baginya pada hari Kiamat. Allah telah menjamin bagi siapa yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkan isi kandungannya tidak akan tersesat di dunia dan tidak celaka di akhirat, dengan firmanNya: “…. Barangsiapa mengikuti petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.” (Thaha:123)

Rasulullah Saw bersabda, “Sebaik-baik kamu adalah orang yg mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Rasulullah Saw selalu membaca Al-Qur’an. Beliau juga suka mendengarkan bacaan dari sahabatnya, khususnya sahabat Ibnu Mas’ud. Beliau berlinang air matanya bila membaca dan mendengarkan bacaan Al-Qur’an, seperti yang dikisahkan dalam sebuah hadist dari Ibnu Mas’ud: Suatu ketika Rasulullah Saw meminta Ibnu Mas’ud untuk membacakan Al-Qur’an. Ibnu Mas’ud berkata: “Ya Rasulullah, bagaimanakah saya membacakan untukmu, padahal Al-Qur’an diturunkan kepadamu?”. Dijawab nabi Saw: “Saya ingin mendengar dari orang lain”. Ibnu Mas’ud berkata, ”Maka saya bacakan surat An Nisa hingga sampai pada ayatFa kaifa idzaa ji’na min kulli ummatin bisyahidin waji’na bika ’ala ha’ula’i syahiida” (Bagaimanakah jika Kami telah mendatangkan untuk setiap ummat saksinya dan Kami jadikan engkau sebagai saksi atas semua ummat itu). Nabi bersabda, “Cukuplah sampai di sini”. Saya menoleh melihat nabi SAW sedang bercucuran air mata.“ {HR. Bukhari dan Muslim}.

Sahabat Rasulullah Saw juga selalu membaca Al-Qur’an. Ketika mereka menemukan ayat yang berkaitan dengan azab Allah, mereka membacanya berulang-ulang hingga berlinang air mata. Abu Bakar ra, jika beliau menjadi imam ketika sholat, maka akan terdengar isakan tangis beliau. Suatu ketika seorang sahabat ingin ke pasar mendapati Asma binti Abu Bakar membaca salah satu ayat diulang-ulang sambil menangis. Ketika sahabat tersebut kembali dari pasar, ia masih membaca ayat yang sama sambil menangis. Itulah sikap Rasulullah Saw dan para sahabatnya ketika membaca Al-Qur’an. Kita sebagai ummat dan sebagai generasi penerusnya berusaha untuk bersikap seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Saw dan para sahabatnya ketika membaca Al-Qur’an.

Berikut beberapa Keutamaan membaca Al Quran Menurut Beberapa Ayat Suci Sl Quran dan Hadits Shahih :

  1. Firman Allah Swt: “Dan Kami turunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.” (An-Nahl: 89)
  2. Firman Allah Swt: “Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (Al-Ma’idah: 15-16).
  3. Firman Allah Swt: “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi ouang-orang yang beriman. ” (Yunus: 57).
  4. Sabda Rasulullah Saw: “Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafa ‘at bagi pembacanya.” (HR. Muslim dari Abu Umamah).
  5. Dari An-Nawwas bin Sam’an ra. katanya: Aku mendengar Rasulullah Saw bersabda: “Didatangkan pada hari Kiamat Al-Qur’an dan para pembacanya yang mereka itu dahulu mengamalkannya di dunia, dengan didahului oleh surat Al Baqarah dan Ali Imran yang membela pembaca kedua surat ini.” (HR, Muslim).
  6. Dari Utsman bin Affan ra, katanya: Rasulullah Saw bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Al-Bukhari)
  7. Dari Ibnu Mas’ud ra, katanya: Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf; lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi, katanya: hadits hasan shahih).
  8. Dari Abdullah bin Amr bin Al ‘Ash ra, bahwa Nabi Saw bersabda: “Dikatakan kepada pembaca Al-Qur’an: “Bacalah, naiklah dan bacalah dengan pelan sebagaimana yang telah kamu lakukan di dunia, karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang kamu baca.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi dengan mengatakan: hadits hasan shahih).
  9. Dari Aisyah ra, katanya: Nabi Saw bersabda: “Orang yang membaca Al-Qur’an dengan mahir adalah bersama para malaikat yang mulia lagi taat, sedangkan orang yang membaca Al-Quran dengan tergagap dan susah membacanya baginya dua pahala.” (Hadits Muttafaq ‘Alaih). Dua pahala, yakni pahala membaca dan pahala susah payahnya.
  10. 10. Dari Ibnu Umar ra, Nabi Saw bersabda: “Tidak boleh hasad (iri) kecuali dalam dua perkara, yaitu: orang yang dikaruniai Allah Al-Qur’an lalu diamalkannya pada waktu malam dan siang, dan orang yang dikaruniai Allah harta lalu diinfakkannya pada waktu malam dan siang”. (Hadits Muttafaq ‘Alaih). Yang dimaksud hasad di sini yaitu mengharapkan seperti apa yang dimiliki orang lain. (Lihat kitab Riyadhus Shaalihiin, hlm. 467-469).
  11. 11. Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya Allah mempunyai 2 ahli diantara manusia”. Sahabat bertanya, ”Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?”. Beliau menjawab, “Ahli Al-Qur’an adalah ahli Allah, dan orang-Nya khusus.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah).
  12. Dalam hadist yang lain, Rasulullah SAW bersabda: Dikatakan kepada orang yang berteman dengan Al-Qur’an, “Bacalah dan bacalah sekali lagi serta bacalah dengan tartil, seperti yang dilakukan di dunia, karena manzilah-mu terletak di akhir ayat yang engkau baca. “ (HR Tirmidzi)
  13. Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya Al-Qur’an bertemu pembacanya pada hari kiamat saat kuburannya dikuak, dalam rupa seorang laki-laki yang pucat. Dia (Al-Qur’a) bertanya, “apakah engkau mengenalku? Dia menjawab, “aku tidak mengenalmu!”. Al-Qur’an berkata, “Aku adalah temanmu, Al-Qur’an, yang membuatmu kehausan pada siang hari yang panas dan membuatmu terjaga pada malam hari. Sesungguhnya pedagang itu mengharapkan hasil dagangannya, dan sesungguhnya pada hari ini aku adalah milikmu dari hasil seluruh perdaganganmu, lalu dia memberikan hak milik orang itu Al-Qur’an dengan tangan kanan dan memberikan keabadian dengan tangan kirinya, lalu di atas kepalanya disematkan mahkota yang berwibawa, sedangkan Al-Qur’an mengenakan 2 pakaian yang tidak kuat disangga oleh dunia. Kedua pakaian ini bertanya, “Karena apa kami engkau kenakan?”. Ada yang menjawab: “Karena peranan Al-Qur’an. Kemudian dikatakan kepada orang itu,”Bacalah sambil naik ketingkatan-tingkatan syurga dan biliknya, maka dia naik sesuai dengan apa yang dibacanya, baik baca dengan cepat, maupun dengan tartil.” (HR Ahmad).
  14. Dari Abu Umamah ra, Rasulullah Saw bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan datang pada hari kiamat, sebagai pembela pada orang yang mempelajari dan mentaatinya.” (HR Muslim).
  15. Dari An Nawas bin Sam’an, Rasulullah Saw bersabda, ”Pada hari kiamat akan didatangkan Al-Qur’an dan orang-orang yang mempraktekan di dunia, didahului oleh surah Al Baqarah dan Ali Imran yang akan membela dan mempertahankan orang-orang yang mentaatinya.” (HR. Muslim).
  16. Dari Ibnu Mas’ud ra, Rasulullah Saw bersabda, ” Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka akan mendapat hasanat dan tiap hasanat mempunyai pahala berlipat 10 kali. Saya tidak berkata Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dn Mim satu huruf.” (HR Tirmidzi)
  17. Dari Aisyah ra, Raslullah Saw bersabda, ”Orang yang mahir dalam membaca Al-Qur’an akan berkumpul para malaikat yang mulia-mulia lagi taat. Sedang siapa orang yang megap-megap dan berat jika membaca Al-Qur’an, mendapat pahala 2 kali lipat.” (HR Bukhari, Muslim)
  18. Dari Al Barra bin Azib ra, “ Ada seorang membaca surat Al Kahfi sedang tidak jauh dari tempatnya, ada kuda yang terikat dengan tali kanan kiri, tiba-tiba orang itu diliputi oleh cahaya yang selalu mendekat kepadanya, sedang kuda itu lari ketakutan. Dan pada pagi hari ia datang memberi tahu kejadian itu kepada Nabi Saw, maka bersabda nabi Saw, ”Itulah ketenangan (rahmat) yang telah turun untuk bacaan Al-Qur’an itu.” (HR Bukhori dan Muslim).

Setelah kita mengetahui betapa banyak keutamaan membaca Al Quran, maka mulai hari ini, mari kita perbanyak membaca Al Quran. Dan bila ada dari kita yang mungkin masih belum lancar membaca Al Quran , jangan patah semangat, lihatlah hadits  No.9, teruslah membacanya, karena Al Quran yang yang kita baca, akan menemui kita dihari kiamat kelak, lihatlah sabda Rasulullah Saw, pada hadits No. 13 diatas. Selain itu Al Quran yang kita baca,  akan memberikan syafaat untuk kita (hadits No. 4).

Dewi Yana

http://jalandakwahbersama.wordpress.com

About these ads

108 responses to this post.

  1. Terima kash ni atas dakwah islaminya,saya sangat senang membaca artikel islami seperti ini.
    Aku punya usul ni,bgamana kalo 1 buah artikel di bagi dalam 3 bagian supaya pengunjung ggak capek membacanya karna terlalu panjang.
    Ini cuma usul aja diterima Alhamdulilah ggak diterima juga Alhamdulilah.

    Balas

  2. Assalamualaikum,…

    Al Awwal………..

    Balas

  3. dengan membaca Alquran dan membaca terjemahan akan mendapatkan ketenagan , insya allah

    Balas

  4. Assalamualaikum, blog pencerahan………nice posting

    Balas

  5. Memang betul, dan alhamdulillah sewaktu kecil dahulu saya selalu mengaji selepas shalat maghrib tapi yang disayangkan sekarang jarang untuk membacanya, HIKS HIKS ~_~…

    Balas

  6. kunjungan perdana,,,
    saya nubie…
    salam kenal ya…

    Balas

  7. betapa banyak keutamaan membaca Al Quran,
    mari kita perbanyak membaca Al Quran.

    Salam Hangat Selalu

    Balas

  8. assalamualaikum
    alhamdulillah saya mendapatkan ilmu yang manfaaat sekali dengan membaca artikel ini. terima kasih.

    Balas

  9. Thanks postingannya…
    makin menambah ilmu pengetahuan saya… :)

    Balas

  10. Ibadah yang ringan dan berpahala besar dan berlipat adalah membaca Al Qur’an tetapi keknya banyak yang merasa kurang punya waktu untuk mengerjakannya.

    Balas

    • Yang ringan aja terasa berat, apa lagi yang berat ya???

      Balas

      • Posted by Abu on 18 April 2010 at 11:02

        sesungguhnya islam itu ringan mba (hadist nabi)… dan amalam yang disukai Allah adalah amalan yang rutin….Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf; lam satu huruf dan mim satu huruf.”………………… dalam sehari saja kita membaca alif lam mim sudah dapat 3 kebaikan yang penting rutinnya….. tapi kalau kita inginkan lebih, ya baiknya bacaannya disempurnakan….

  11. lengkap sekali bu, izin copas ah untuk kepentingan dakwah.
    makasih bermanfaat banget

    Balas

  12. sejak berteman dengan blog ini, alhamdulilah banyak ilmu yang saya dapatkan. Dan mudah-mudahan mbak dewi akan selalu konsist.

    Balas

  13. Asalamualaikum.
    kunjungan perdanaaaa….
    tak salah bila blog ini punya nama “Jalan Dakwah”. isinya penuh dengan makna.

    Balas

  14. Assalamualaikum,…

    entah kenapa saat ini sudah jarang saya temui orang yang membaca al-qur’an. bahkan ketika saat itu saya masih menjadi guru mengaji, cuma ada 5-7 anak saja dari sekian ratus anak(meskipun gratisan). mungkin dengan adanya tulisan ini akan membuka hati seseorang untuk mulai membaca al-Qur’an, menasehati teman,keluarga dan orang-orang disekitarnya untuk memulainya.

    Balas

  15. Posted by nani utarida on 24 Januari 2010 at 06:10

    Assalamualaikum adikku Dewi yang kucintai karena Allah,
    Alhamdulillah….aku baru 2 tahun belajar baca, jadi 4x seminggu masih belajar di Masjid, sisanya baca di rumah. Senang sekali baca2 hadits tentang keutamaan baca Al Qur’an, jadi menambah semangat untuk bisa baca Al Qur’an dengan benar.
    Aku ijin copy ya Dewi……
    Syukron say, jazakillah khoir…….

    Balas

  16. Alhamdulillah, saya jadikan link sahabat blog ini ya…..pengen ngambil banyak manfaat disini.

    Balas

  17. Selamat pagi sahabatku. Semoga anda sehat-walafiat dan menikmati hari istimewa ini.
    Saya datang untuk silaturahmi sambil membawa pesan.
    Apakah sahabat dapat menemukan nama yang bagus, gagah dan keren untuk blog saya.
    Jika dapat silahkan diajukan melalui kolom komentar di :

    http://abdulcholik.com/2010/01/24/blogcamp-ganti-nama/

    Ada sedikit tali asih menarik jika nama yang sahabat sarankan terpilih.
    Terima kasih, selamat beraktivitas.
    Salam hangat dari Surabaya.

    Balas

  18. trima kasih atas pencerahannya yg mengingatkan kembali pada kita tentang pentingnya membaca Qur-an, bukan hanya membaca melainkan memahami makna dan mengamalkannya

    Wassalam

    Balas

  19. ya membaca, ya memahami, ya mengamalkan. Kita lakukan yang paling bisa dulu … aku sendiri jarang baca, padahal dulu waktu kecil sering ngaji. Posting yang bagus

    Balas

  20. Saya senang sekali membaca surah Alamnasrahlaksadrak ( he he he lupa nama surah nya…) bikin tenang

    Balas

  21. Terima kasih, tambah ilmunya nih.

    Balas

  22. Posted by darahbiroe on 25 Januari 2010 at 09:01

    artikel yang bermanfaat mengingatkan kita kan pentingnya membaca alquran
    mohon kunjunganya selalu hehe makasih

    Balas

  23. Salam Takzim
    Selamat pagi, mohon izin menempatkan berita louncing blog saya yang baru, semoga berkenan

    http://isro-m.com/

    Salam Takzim Batavusqu

    Balas

  24. Ehmmm… sekarang saya mencoba istiqomah… mudah2an bisa mengaji setiap hari, minimal ba’da shubuh dan magrib :)

    Balas

  25. Assalamualaikum ukhti… Kunjungan lagi setelah sekian lama gak berkunjung… jarang-jarang sih… Salam kenal aja ya… Selain Liqo jadi bisa nambah ilmu lewat blog ini ya..

    Balas

  26. Salam Gowes
    hehehe lagi puasa dapat siraman rohani nih dari bunda Dewi Yana, disela-sela kesibukannya saya salut dengan bunda yang masih berkenan hadir memberikan sepatah dua lewat blog baru saya di humberqu. Semoga bunda Dewi Yana diberikan kesehatan yang Prima agar terus berkarya memberikan sprit rohani untuk saya dan sahabat semua. Terima kasih kunjungannya bunda
    Salam Gowes Humberqu

    Balas

  27. alhamdulillah siang ini berkunjung mendapat pencerahan yang lengkap. Mudah2an saya sendiri bisa melaksanakannya lebih giat lagi membaca dan memahami dan mengamalkannya. Terima kasih Mbak Dewi atas ilmunyah.
    Salam hangat selalu :)

    Balas

  28. salam buat mba saya sendiri sekarang mempunyai sebuah beban berat karena belum bisa menjadi panutan dalam keluarga terutama anak dan istri, apalagi istri adalah seorang muallaf memang kalau Iqra sendiri sudah belajar tapi sampai menuju kepada memulai bacaan di Al-Quran belum sempat saya ajari begitupun dengan anak saya yang besar

    salam

    Balas

  29. Salam Persahabatan buat sahabatku…

    Balas

  30. weis…..mantap bgt tulisannya…..bagi dong..

    Balas

  31. Subhanallah… saya mesti lebih rajin lagi nih baca Al-Quran… Maksih mbak dewi, lagi-lagi saya diingatkan.

    Balas

  32. Assalamu’alaikum..
    Terima kasih teh, posingan seperti ini yg membuat rohani semakin sejuk, semakin tentram, terutama kalo dilaksanakan.
    Al-Qur’an satu2nya kitab suci yg masih terjada keasliannya. SUbhanallah…
    Wassalamu’laikum…

    Balas

  33. Alhamdulillah, saya berusaha tiap habis maghrib membaca al-Quran, moga bisa lebih rajin lagi…

    Balas

  34. Ass.. mba..
    Alhamdulillah anak saya yang bear udah mulai masuk ke Al-Quran semoga semakin rajin karena memang itu yang saya harapakn sebagai orang tua..

    maksih mba selalu memberikan pencerahan bagi saya yang terkadang lupa akan akhirat…

    salam hangat buat keluraganya mba…

    Balas

  35. Posted by idisuwardi on 25 Januari 2010 at 22:28

    Assalammualaikum…kunjungan pertama nih, salam kenal.

    Balas

  36. sayangnya anak-anak sekarang lebih suka bermain PS ketimbang bermain aksara arab *mengaji* :cry: dan orang tua pun mendukungnya sungguh kasihan calon penerus kita harus di cekoki permainan yang bukan mendidik

    sewaktu saya sd hingga lulus, saya tinggal di Pondok pengajian kecil di kota bandung dan sangat-sangat senang jika melihat riuh ramai santriwan/ti berlomba mengambil wudhu dikala adzan berkumandang dan berlomba khatam Al qur’an tapi kini semuanya berubah :roll:

    selamat malam & selamat beristirahat Mba

    -salam-

    Balas

  37. Salam Takzim
    Mohon izin menyampaikan undangan acara di humberqu via batavusqu ya
    Salam Takzim Batavusqu

    Balas

  38. Subhanallah…
    Senang sekali rasanya bisa berkunjung untuk pertama kalinya disini.
    Salam Taksim

    Balas

  39. salam
    sudah lama sekali rasanya saya tidak mampir ke blog sahabat. bagaimana kabarnya?
    postingan yang seperti biasanya mencerahkan dan menambah informasi.

    Balas

  40. insyaAllah Al-Quran sebagai pedoman hidup saya….
    trimakasih pencerahan yg di berikan mbak dewi….

    salam, ^_^

    [assalamu'alaikum]

    Balas

  41. biasanya ketika saya usai membaca ayat² Al-Quran..hati terasa sejuk dan tenang…

    Balas

  42. masih tetap dengan tulisan² yang mencerahkan..alhamdulillah akan selalu membaca Al-Qur’an usai menunaikan sholat..

    Balas

  43. saya sekarang, jarang banget baca Al-Qur’an

    *mohon ampun *

    Balas

  44. Assalamu’alaikum…
    Kunjungan siang teh Dewi, apa kabarnya?

    Balas

  45. saya bisa baca…. tapi berlum fasih benar….,

    Balas

  46. Membaca Al-Qur’an… kalo dah khatam ada keinginan untuk mengkhatamkan lagi. Nikmatnya membaca Al Qur’an.

    Balas

  47. Saya berusaha untuk secara rutin membaca al-Qur’an walaupun hanya dua halaman sekali duduk. Biasanya saya membaca setelah shalat Shubuh dan maghrib. Kalau bisa konsisten ternyata bisa khatam dalam 6 bulan.

    Balas

  48. saya membiasakan 2 anak saya mengaji setelah maghrib, rutin setiap ahrinya diharapkan selain fasih membaca secara tartil juga setelah agak besar perlu tahu tafsirnya insyaallah

    Balas

  49. Ach…setiap sampai disini selalu saja diingatkan dengan hal-hal yang baik. Terima kasih Mbak Dewi.
    Salam untuk mas dan si kecil.

    Balas

  50. Bertandang ke Lapak para Sahabat Nara Blog Tercinta, Ruanghati rasanya lama tidak jalan-jalan mengunjungi para Sahabat (Blogger) coz beberapa hari sangat sibuk sekali nih, Semoga para Sahabat selalu dalam keadaan baik dan bahagia selalu dalam rahmat serta kasih sayang Tuhan Yang Maha Kuasa, Amien. 2 hari terakhir ini juga Blog ruanghati keknya ada problem beberapa teman bilang ketika mau masuk ke blog kami ada semacam alert situs berbahaya, minta doanya semoga segera bisa normal kembali,

    Salam hangat

    Ruanghati

    Balas

  51. Kalo lagi gundah paling enak baca quran… Selalu berusaha niy untuk berinteraksi dengan quran setiap hari..

    Balas

  52. Jangan jadikan rumah asli kita (Tubuh ini )menjadi kuburan dengan tidak pernah membaca Alqur’an.
    Bukankah Nabi juga berkata bahwa rumah yang tidak dibacakan alqur’an di dalamnya ibarat kuburan..hiii..ngerii

    Balas

  53. Posted by sitikhodijah on 28 Januari 2010 at 19:58

    Asslamualaikum,salam kenal dari Siti diSaudi Arabia.
    Terima kasih bnget atas artikelnya,karena begitu bermanfaat,dan kebetulan siti senang dg tulisan2 tentangt keislaman.

    Balas

  54. wah mbak, saya sampai saat ini masih sangat susah konsentrasi dalam sholat dan membaca al-quran. nice post mbak…bisa menjadi pembuka hati…

    Balas

  55. mudah mudahan saya selalu bisa baca Qur’an

    Balas

  56. akhirnya kita berjumpa kembali di hari Jum’at, semoga amal shaleh selalu dan makin banyak di ridhoi serta di berkati Allah SWT, Amien

    Balas

  57. salam kenal mbak,…
    saya sendiri sangat senang mendengarkan bacaan Al Quran, apalagi kalau bacaannya tenang, pelan dan penuh kelembutan, rasanya sejuk sekali hati ini

    Balas

  58. Assalamu’alaikum,

    Mba dewi, blog yang di herfia apakah sudah tidak di pakai lagi?

    Balas

  59. trims mbak untuk selalu mengingatkan

    Balas

  60. Ternyata banyak sekali keutamaan membaca alquran ya mbak DEwi Yana…
    Terima Kasih atas pencerahannya…

    Balas

  61. Penghujung bulan sudah datang, ada yg suka karena baru gajian, ada yang seding karena target tidak terpenuhi, apapun yang terjadi ruanghati.com ucapkan selamat berakhir pekan dan berakhir bulan, selamat ngeblog, yang barusan gajian bisa dihemat sampai akhir bulan berikutnya,

    salam hangat san sukses selalu

    semoga hidup Anda penuh dengan Cinta, Kesehatan, kebahagiaan dan Kedamaian selalu

    ruanghati.com

    Balas

  62. blog dakwah yang bagus…salam kenal

    Balas

  63. Alhamdulillah, Ananda dan Bunda di rumah senang baca Al-Qur’an, lha saya ?

    Balas

  64. assalamu’alaikum

    sungguh berdoasanya saya…
    duluh ketika masih berumur 5 tahun sampai kelas 2 SMA rajin banget dan suka banget baca al-qur’an…tapi saat inin berucap jujur bahwa sudah jarng….
    terimakasih tulisannnya mbak dewi…

    salam adem ayem

    Balas

  65. Blog yang membumi dan melangit….Salam kenal, Mbak….

    Balas

  66. Posted by finda on 1 Februari 2010 at 09:02

    Subhanallah..Mbak dewi.. afwan lama ga mampir ksini..
    smoga qt smua istiqomah dlm mempelajari n mengajarkannya amin… :D

    Balas

  67. aduh kepengen tuh seperti itu…tapip gmn ya mulainya…

    Balas

  68. eh ide posting darimana..?

    Balas

  69. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Sebuah tulisan yang sangat penting dan perlu disebarluaskan. Seperti yang Ibu tulis di atas, Al-Qur’an diturunkan untuk dibaca oleh setiap Muslim, direnungkan dan dipahami , kemudian diamalkan..

    Tapi ada hal yang cukup memprihatinkan terjadi di sebagian masyarakat, mereka merasa cukup dengan membacanya saja, karena nilai ibadahnya sangat tinggi seperti diungkpkan dalam hadits di atas. Mereka tidak berusaha merenungkan dan memahaminya. Bagaimana bisa mengamalkan nilai-nilai Al-Quran kalau tidak dipahami. Mudah-mudahan mereka ke depannya bisa lebih menyadarinya. Amin.

    Terima kasih banyak, semoga sukses .
    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    Balas

  70. kunjungan malam utk bersilaturahmi dengan mbak dewi…semoga Allah masih melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua amin..

    Balas

  71. insyaAllah aku ingin selalu menyempatkan baca Al-Quran…

    salam, ^_^

    Balas

  72. Assalamu’alaikum… apakabarnya teh Dewi?

    Balas

  73. Posted by darahbiroe on 2 Februari 2010 at 11:02

    berkunjung dipagi harii

    Balas

  74. Saya tidak akan pernah bosan membaca artikel seperti ini.
    sangat mencerahkankan.
    makasih banyak.

    Balas

  75. kunjungan pertama..,
    jangan lupa kunjungan balik…,

    Balas

  76. terima kasih sudah berbagi dengan tulisan yang sangat bermanfaat ini, moga kita semua dapat lebih memahami Al-Qur’an…salam kenal :)

    Balas

  77. Asalamualaikum

    Saya mulai dengan salam kenal.

    Balas

  78. Selamat pagi sobat, selamat meraih sukses hari yang baik ini, salam hangat selalu

    Balas

  79. assalamu’alaikum Mbak Dewi
    Terima kasih artikelnya yang sangat mencerahkan ini, termasuk dorongannya di alinea terakhir yang sangat menyentuh.
    Salam hangat selalu :)

    Balas

  80. ass pagi yang cerah menemukan posting yang indah.

    selamat membaca alquran minimal 1 ayat tiap pagi

    insya allah mempermudah rezeki

    amiiinn…

    Balas

  81. Ass.wr wb.
    Wah maaf baru berkunjung ukhti.. koneksi lagi bermasalah nih.. sukron katsiron atas pencerahannya..

    Balas

  82. Ass.wr.wb.. duh bagus sekali nih artikelnya. jadi bahan perenungan dfiri yg kadang lupa sama kitab yang mulia itu.. astagfirullah.. al adzim

    Balas

  83. Ass.wr.wb. makasih atas postingannya yang sarat dengan nilai keimanan .. duh untung tadi gak lupa yasinan.. hehe

    Balas

  84. subhanallah sungguh sebuah keagungan Allah SWT

    Balas

  85. Dengan membaca al qur’an hati kita akan tenang

    Balas

  86. Posted by harumhutan on 18 Februari 2010 at 13:22

    Insya Allah teh,suda mule berjalan la9i..
    sekaran9 klu nda baca al-quran pasti aku bilan9nya 9ini :
    malu atuh sama Allah,baca buku ajah rajin,masa baca quran males..
    alhamdulilah teh,jadi pemicu :)

    subhanaloh ya manfaatnya banyak :)

    Balas

  87. Sejuk sekali Mba.
    ya..ya.ya…, saya sepakat. saya juga prihatin terhadap pemahaman hadits yang keliru’ misalnya; Utama-utamanya ibadah ummatku adalah membaca alqur’an. tak ada yang salah dari hadits tsb. yang salah adalah yang memahami. jadinya berhenti pada membaca saja. tanpa mempelajari dan memahaminya. kalau membaca dapat pahala, apalagi memahaminya….kan begitu. ini terjadi di halayak umum.

    Balas

  88. Posted by Ary on 15 April 2010 at 13:03

    Bila kita amati isi Al-Qur’an dan pola kalimat di dalam Al_quran….Subhanallah, saya pribadi sangat takjub, kagum dan menangis bila membaca Qur’an. Sehari tidak membaca dan tadabbur Quran meski sudah melakukan sholat, rasanya ada yang kurang.
    Semoga kita sebagai umat Rasulullah tidak lupa untuk membaca dan tadabbur Quran (mukjizat Beliau sepanjang masa hingga akhir zaman).

    Bila ada yang menginginkan video shalat jahr (Subuh, Maghrib dan Isya) live dari Makkah dan Madinah, bisa mampir ke web http://www.muslimtents.com/iharam/home.html
    Kita bisa belajar makhraj dan tajwid dari para Imam Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

    Jazakallah Khair

    Balas

  89. Posted by Abu on 18 April 2010 at 09:15

    Salut…… hati manusia akan tenang bila mengingat Tuhannya…. dan akan lebih tenang bila mengucapkan kalamnya dengan khusyu…..

    Balas

  90. Al-quran pmberi syafaat di hari kiamat

    Balas

  91. Posted by agus fitrie on 11 Februari 2011 at 01:20

    assalamu’alaikum…
    mohon ijin copas ya mbak…buat dakwah rutin jumat saya…terimakasih sebelumnya…wassalam…

    Balas

  92. Posted by fahrudin on 22 April 2011 at 10:58

    semoga bermanfaat aja ya .. maksih nih ..

    by
    kayu jabon
    jasa ekspedisi

    Balas

  93. assalamualaikum… kunjungan pertama ku di alamat ini asik banget,,, tapi kok kayaknya kalo di buka terus menerus agak ngebosenin……. tapi tetep ja ilmunya banyak, ya ngak nih……

    Balas

  94. Posted by ibnu on 22 Juni 2011 at 12:24

    Al Qur’an penerang hidup kita …
    Semoga langkah hidup kita selalu di iringi dan lindungi Allah SWT

    Balas

  95. AL quran sumber petunjuk bagi mereka yg bertakwa

    Balas

  96. Posted by fauzi d-youwin autosportclub on 26 Agustus 2011 at 09:20

    Al-Qur’an adalah harta yg paling berharga di antara barang2 yg lain.
    Sesungguhnya orang2 yg merugilah yg tdk bisa baca AL-QU’AN.

    Balas

  97. Posted by wanti on 21 Maret 2012 at 13:05

    subhannallah ana t.sentuh

    Balas

  98. Posted by dhea on 12 Juni 2012 at 19:55

    membaca ayat suci Al-Qur’an membuat hati saya menjadi lebih tenang walaupun saya membacanya belum terlalu lancar. :)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 101 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: